Pendidikan Islam Multikultural di Pendidikan Dasar

Authors

  • dian nafi firdaus sekolah tinggi agama islam ma'arif kendal ngawi

Keywords:

Pendidikan Islam, Multikultural, Pendidikan Dasar

Abstract

Tujuan dalam peneli[i]tian ini untuk mengetahui pentingnya pemahaman multikulturalisme dalam pendidikan Islam di  pendidikan dasar. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Multikultural berarti “kebudayaan yang beragam”. Istilah multikultural ini menjelaskan  tentang  kondisi  masyarakat  yang  terdiri  dari beragamnya  agama,   ras,   bahasa,   dan   budaya. Secara umum, multikulturalisme merupakan dasar dalam mewujudkan cinta tanah air dan cinta sesama manusia. Dalam mewujudkan esensi dari Multikulturalisme maka perlu dikaitkan melalui proses pendidikan dari Dasar sampai perguruan tinggi dengan menanamkan nilai-nilai kemanusian, agama, moral, akhlak serta norma dalam kehidupan di masyarakat. Pendidikan Islam merupakan pendidikan yang berupaya dalam memperbaiki akhlak, moral, penanaman nilai, serta nilai-nilai kemanusian, oeh sebab itu sangat tepat dalam mewujudkan pemahaman multikultural dalam perbedaan agama,   ras,   bahasa,   dan   budaya.

 

 

References

Afif, A. (2012). Model Pengembangan Pendidikan Islam Berbasis Multikultural. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 1–18.

Anam, A. M. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (Studi Kasus Di Universitas Islam Malang). ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(2), 12–27.

Dwiyani, A. (2023). Pendidikan Islam Multikultural diSekolah. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 68–78.

Futaqi, S. (2023). Pendidikan Islam Multikultural: Menuju Kemerdekaan Belajar. Nawa Litera Publishing. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=_ealEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PT3&dq=pendidikan+islam+multikultural+bangsa&ots=eOI2ZyUZRb&sig=ch229FJgZDp4fwhZXD4ikShmvAk

Halim, A. (2021). Pendidikan Islam Multikultural dalam Prespektif Azyumardi Azra. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 13(01). https://www.academia.edu/download/94605467/478602880.pdf

Islamy, A. (2022). Pendidikan Islam Multikultural Dalam Indikator Moderasi Beragama Di Indonesia. Jurnal Analisa Pemikiran Insan Cendikia (Jurnal APIC), 5(1), 48–61.

Rofiq, A., & Muqfy, H. (2019). Analisis Pendidikan Islam Multikultural Sebagai Pemersatu Bangsa. MANAGERE: Indonesian Journal of Educational Management, 1(1), 134–147.

Rois, A. (2013). Pendidikan Islam Multikultural: Telaah Pemikiran Muhammad Amin Abdullah. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 8(2), 301–322.

Ulya, I. (2016). Pendidikan Islam multikultural sebagai resolusi konflik agama di Indonesia. Fikrah, 4(1), 20–35.

Published

2024-06-13

Issue

Section

Articles