Language Games in Arabic Language Learning

Authors

  • Ahmad Aziz Fuadi sekolah tinggi agama islam ma'arif kendal ngawi

Keywords:

La’bah Lughawiyah, Pembelajaran, Bahasa arab

Abstract

Pembelajaran bahsa arab merupakan salah satu pembelajaran yang dinilai mebosankan oleh siswa, karena siswa cenderung merasa kesulitan dalam belajar bahasa arab. Hal ini wajar terjadi dalam proses pembelajaran karena setiap pembeljaran apapun pasti menjumpai problem yang berbeda-beda. Untuk membangkitkan semangat peserta didik maka hadirlah permainan bahasa atau la’bah lughawiyah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengertian, macam serta tujuan la’bah lughawiyah, dan untuk mengetahui bagaimana la’bah lughawiyah dapat menunjang pembelajaran bahasa arab. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini yakni metode penelitian deskriptif kualitatif sehingga data yang didapatkan berbentu kata-kata atau kalimat yang sesuai dengan la’bah lughawiyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan la’bah lughawiyah siswa cenderung lebih aktif dan semangat dalam belajar bahasa arab.

References

Ali, J. (2019). Permainan Sebagai Strategi Aktif Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab. STAIN PEKALONGAN.

Arifin, A. (2017). Peranan Permainan Bahasa Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Mata Pelajaran Bahasa Arab. An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 19(2), 302–318. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v19i2.1005

Arsyad, A. (2010). Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Pustaka Pelajar.

Asrori, I. (2008). Aneka Permainan Penyegar Pembelajaran Bahasa Arab. Hilal Pustaka.

Aziz, N. M. A. (1983). Al-Al’abul Lughowiyyah Fii Ta’limil Lughotil Ajnabiyyah. Darul Marikh.

Izzan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Humaniora.

Mujib, F., & Rahmawati, N. (2011). Metode Permainan Edukatif dalam belajar Bahasa Arab. DIVA Press.

Muna, W. (2014). KARTU PERMAINAN: MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KONTEKSTUAL. Jurnal Al-Ta’dib, 7(1), 84–100.

Nata, A. (2011). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Grup.

Rizqiana, E. (2019). Permainan Bahasa sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Eva. Alsinatuna, 4(2), 162. https://doi.org/10.28918/alsinatuna.v4i2.2046

Rosalinda, R. (2021). Pengaruh Permainan Bahasa Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Di Sekolah Dasar Negeri 09 Dewantara. Serambi Konstruktivis, 3(2), 41–49.

Rosyidi, A. W. (2009). Media Pembelajaran Bahasa Arab. UIN Malang Press.

Rosyidi, A. W., & Ni’mah, M. (2012). Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: UIN-Malang Press, 2012), h. 31. UIN-Malang Press.

Sagala, S. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.

Zulhannan, Z. (2014). Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. PT Raja Grafindo Persada.

Published

2023-12-12

Issue

Section

Articles