IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE UMMI KELAS BAWAH (1, 2, 3) DI MI FATHUL ULUM JOSO TURI PANEKAN MAGETAN

Authors

  • Bara Septian Laraswati

Keywords:

Pembelajaran , Al- Qur’an, Metode Ummi

Abstract

Abstrak

Al-Qur’anul karim adalah kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, mengandung hal-hal yang berhubungan dengan keimanan, ilmu pengetahuan, kisah-kisah, filsafat, peraturan-peraturan yang mengatur tingkah laku dan tata cara hidup manusia, baik sebagai makhluk individu ataupun sebagai makhluk sosial, sehingga berbahagia hidup di dunia dan akhirat. Metode ummi mencoba mengambil tempat sebagai mitra terbaik sekolah atau lembaga pendidikan dalam menjamin kualitas baca al-Qur’an. Metode ummi merupakan metode yang mengenalkan cara membaca al-Qur’an dengan tartil. Dalam pembelajaran metode ummi digunakan sebuah pendekatan. Pendekatan itu adalah pendekatan bahasa ibu. Pendekatan itu ada 3 strategi yaitu: Direct Method (Langsung), Repetition (Diulang-ulang), Affection (Kasih sayang yang tulus). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1)  Bagaimana pelaksanaan penerapan pembelajaran al-Qur’an dengan metode ummi pada anak di MI Joso Desa Turi Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari  penerapan pembelajaran al-Qur’an dengan metode ummi pada anak di MI Joso Desa Turi Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan jenis penelitian kuantitatif. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan prosedur analisis yang tidak menggunakan prosedur analisi statistik atau cara kuantifikasi lainnya. Tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan data kualitatif tersebut, maka penulis dapat mengambil  hasil penelitian : 1) Penerapan metode Ummi dalam pembelajaran al-Qur’an pada anak  adalah pembelajaran yang berbasis pada buku belajar membaca al-Qur’an metode Ummi dan guru yang mengajarkannya. 2) Metode menggunakan sistem klasikal  baca simak  murni. 3) Faktor pendukung dalam penerapan metode adalah cara belajar yang lebih mengutamakan keaktifan bagi peserta didik dan adanya guru (ustadz) yang professional. Serta faktor penghambat yaitu usia dan kehadiran.

 

Kata kunci: Pembelajaran  Al- Qur’an, Metode Ummi

References

Asrohah, Hanun, Perencanaan Pembelajaran, Surabaya : Kopertais IV Press, 2014

Fatihuddin, Sejarah Ringkas Al-Qur’an, Yogyakarta : Kiswatun Publishing, 2015

Khudamul makhad Darul Huda, Ilmu Tajwid Penuntun Membaca Al Qur’an, Ponorogo : Khuddamu al- Ma’had Darul Huda Mayak, 2012

Moleong, Lexy J, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosda Karya, 2018

Sagala, syaiful, Manajemen Strategi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, Bandung : CV Alfabeta, 2011

Satori Djam’an dkk, Metodologi Penelitian Kualitatif Jilid 1 Bandung : Alfabet, 2011

Satori Djam’an dkk, Metodologi Penelitian Kualitatif Jilid 2, Bandung : Alfabeta, 2020

STAIM Kendal, Pedoman Proses Penulisan penyusunan dan ujian Skripsi, Kendal : LP3M, 2023

Syarbini, Amirulah dan Jamhari Sumantri, Kedasyatan Membaca Al- Qur’an, Jakarta : Ruang Kata Imprint Kawah Pustaka, 2012

Ummi Foundation, Modul Sertifikasi Guru Al-Qur’an Metode ummi, Surabaya, 2013

Published

2023-07-04

Issue

Section

Articles