Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar IPS berbasis Media Amplop Bergambar terhadap kemampuan Kognitif di kelas IV MIN 3 Magetan

Authors

  • Bara Septian Laraswati Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Kendal Ngawi

Keywords:

Media Amplop Bergambar, Eksperimental Design, Kognitif

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengukur perbedaan kemampuan kognitif sebelum dan sesudah kelas yang diajar menggunakan bahan ajar IPS berbasis media amplop bergambar peserta didik di kelas IV MIN 3 Magetan.

(2) untuk mengukur perbedaan kemampuan kognitif sebelum dan sesudah kelas yang tidak diajar menggunakan bahan ajar IPS berbasis media amplop bergambar peserta didik di kelas IV MIN 3 Magetan. (3) untuk mengukur perbedaan kemampuan kognitif sebelum dan sesudah kelas yang diajar dan tidak diajar menggunakan bahan ajar IPS berbasis media amplop bergambar peserta didik di kelas IV MIN 3 Magetan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental design. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 40 peserta didik dengan jumlah sampel yang diambil berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi.

 

Kata Kunci: Media Amplop Bergambar, Eksperimental Design, Kognitif.

References

Husdarta dan Nurlan, Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik, (Bandung : Alfabeta, 2010)

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (Jakarta: rinekacipta,2013)

Published

2024-01-08

Issue

Section

Articles