Performance Management Based on Religious Culture in Enhancing Teacher Professionalism at SDIT Ulil Albab Magetan

Authors

  • Ulfa Ulinuha Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Kendal Ngawi
  • Vita Apriliyani Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Kendal Ngawi

Keywords:

Manajemen, Budaya Religius, Profesionalisme Guru

Abstract

Abstrak

Pelaksanaan kinerja yang dikembangkan di SDIT Ulil Albab berkaitan erat dengan unsur-unsur akidah, budaya religius dikembangkan melalui kegiatan sholat dhuha berjamaah, sholat dhuhur berjamaah dan memperingati hari besar islam (PHBI) serta kajian keislaman. Manajemen kinerja berbasis budaya religius merupakan strategi penting dalam meningkatkan profesionalisme guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana implementasi manajemen kinerja berbasis budaya religius dapat meningkatkan profesionalisme guru di SDIT Ulil Albab Magetan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi budaya religius seperti sholat berjamaah, tilawah, dan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dapat meningkatkan disiplin, teladan, dan kebersamaan di kalangan guru dan siswa. Selain itu, evaluasi kinerja berbasis budaya religius yang dilakukan secara langsung dan tidak langsung juga memungkinkan guru untuk memvisualisasi dan memformulasi hasil yang diinginkan. Dengan demikian, manajemen kinerja berbasis budaya religius dapat menjadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan profesionalisme guru di SDIT Ulil Albab Magetan.

Kata Kunci: Manajemen, Budaya Religius, Profesionalisme Guru.

References

Allee, John Gage, Websters Dictionary, Chicago: Wilcox & Folt Book Company, 2013.

Amstrong, Michael,Performance Management; Key Strategies and Practical Guidelines, USA: Kogan Page Limited, 2016.

Arikunto, Suharsimi,Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.

Barnawi & Muhammad Arifin. Kinerja Guru Profesional. (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. 2012.

Bartol, et,al, Management a Pacific Rim Focus,Australia: Mc, Graw Hill Book Company, 2008.

Certo & Certo, S,T, Modern management: Concepts and skills, Upper Saddle River, New Jersey: Prentice Hall, 2012.

Dali, Zalwan,Manajemen Mutu Madrasah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

Danim, Sudarwan, Kepemimpinan Kepala Madrasah Kepemimpinan Jenius (IQ + EQ), Etika, Perilaku Motivasional, dan Mito, Bandung: Alfabeta, 2010.

Darmiyati Zuchdi, Humanisasi Pendidikan: Menemukan Kembali Pendidikan yang Manusiawi, Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

Daryanto & Mohammad Farid, Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah, Yogyakarta: Penerbit Gava Media, 2013.

Dharma, Surya,Manajemen Kinerja, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 20.

Dessler, Gary,Human Resources Management, England: Pearson Education, 2013.

Djamarah, Syaiful Bahri,Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Hadi, Sutrisno,Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 2014.

Hamalik, Oemar,Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: UPI dan Remaja Rosdakarya, 2016.

Hasibuan, Malayu S.,Manajemen Dasar, Pengertian. dan Masalah (Jakarta: Bumi Aksara. 2017.

Kompri, Manajemen Madrasah Teori dan Praktik, Bandung: Alfabeta. 2014.

Kreitner, Robert dan Angelo Kinicki, Organizational Behavior, terj. Biro Bahasa Alkemis, Jakarta: Salemba Empat, 2014.

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifitaskan Pendidikan Agama Islam di Madrasah, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 2010.

Minarti, Sri,Manajemen Madrasah Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri, (Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2011.

Muzayyin Arifin, Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum, (Jakarta: Bumi Aksara. 2010.

Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Mulyasa, E.,Menjadi Kepala Madrasah Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2017.

-------.,Manajemen Berbasis Sekolah, (Bandung: Remaja Rosdakarya,2013

Moenir,A.S.,ManajemenPersonaliadanSumberdayaManusia,Yogyakarta:BPFE, 2014

Nawawi, Hadari, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis yang Kompetitif, Yogyakarta: Gaja Mada University Press, 2012.

Noe, Raymond A. et al., Human Resources Management, Singapore: Mc Graw Hill, 2012.

Pidarta, Made, Landasan Kependidikan Stinulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta, 2017.

Rahman, Hasanudin, Manajemen Fit & Proper Test, Yogyakarta; Pustaka Wijaya Tama, 2014.

Rusman, Model-Model Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.

Sanjaya, Wina,Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Kencana, 2016.

Sahlan, AMAun,Mewujudkan Budaya Religius di Madrasah, Malang: UIN-Maliki Press, 2019.

Samsudin, Sadili, Manajemen Sumber Daya. Bandung: Pustaka Setia, 2016.

Salahudin, Anas dan Irwanto Alkrienciehie. Pendidikan Karakter Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: Pustaka Setia, 2013.

Sallis, Edward, Total Quality Management in Education, London: Kogan Page Educational Management Series, 2013

Sagala, Syaiful,Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta, 2009

Shihab, M. Quraish, Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an, Vol. 1, Jakarta: Lentera Hati, 2011.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantiatif, Kualitatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2017.

Sunhaji, Manajemen Madrasah, Purwokerto: STAIN Purwokerto Press, 2018.

Sulistyorini, Manajemen Pendidikan Islam Konsep, Strategi dan Aplikasi, Yogyakarta: Teras, 2019.

Suharsaputra, Uhar, Administrasi Pendidikan. (Bandung: PT Refika Aditama. 2013.

Terry, George R., Principle of Management, 6th Edition, Georgetown: Richard D, Irwing Inc, 2012.

Usman, M. Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rondakarya, 2016

Usman, Husaini, Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara. 2019.

Wukir, Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi Madrasah, Yogyakarta: Multi Presindo, 2013.

Yamin, Martinis, Profesionalisasi Guru Dan Implementasi KTSP, Jakarta: Gaung Persada Press, 2019.

Zainuddin, dkk., Seluk Beluk Pendidikan Dari Al-Ghazali, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Published

2024-06-12

Issue

Section

Articles