The Role of Qudwah Shalihah in Creating an Educational Milieu in the Era of Globalization
Keywords:
Qudwah Shalihah, Millions of Education, Era of GlobalizationAbstract
Era globalisasi menghadirkan tantangan besar bagi dunia pendidikan, salah satunya adalah kemajuan teknologi secara pesat dapat menyebabkan manusia sibuk dan larut dalam keterlenaan sehingga abai akan miliu pendidikan di sekolah, rumah, maupun di lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran penciptaan miliu pendidikan melalui qudwah shalihah (suri tauladan) dengan melihat berbagai fenomena pengaruh lingkungan yang kurang baik terhadap peserta didik yang mengakibatkan pada penurunan kuailtas pendidikan dan degradasi akhlaq. Hasil dari penelitian ini adalah peran dari qudwah shalihah sangatlah efektif dalam membentuk karakter peserta didik yang baik. Qudwah shalihah bukan hanya tanggungjawab guru yang ada di sekolah, namun setiap juga setiap orang yang tindak tanduknya dilihat dan ditiru oleh peserta didik seperti orang tua dan orang-orang dewasa yang ada di lingkungan rumah. Selain itu, miliu pendidikan merupakan instrumen penting yang mempengaruhi karakter dan tingkah laku peserta didik, dan baik buruknya lingkungan dimana peserta didik hidup, tergantung kepada suri tauladan yang ada di dalamnya.
References
Al Mubarok, A. A. S. A. (2020). Metode Keteladanan dalam Pendidikan Islam terhadap Anak di Pondok Pesantren. Al-TA’DIB, 12(2), 306. https://doi.org/10.31332/atdbwv12i2.1447
Hamid, A. (2020). Penerapan Metode Keteladanan Sebagai Strategi Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Al Fikrah:Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 3(2), 155. https://doi.org/10.36835/al-fikrah.v3i2.70
Handayani, I. P., & Hasrul, H. (2021). Analisis kemitraan guru dan orang tua dalam pembentukan karakter anak berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i1.42455
Hidayat, N. (2015). Metode Keteladanan dalam Pendidikan Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 135–150. https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.2.135-150
Jauhari, M. I. (2020). Konsep Pendidikan Ibnu Khaldun Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Di Era Modern. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 9(1), 187–210. https://doi.org/10.36668/jal.v9i1.138
Maya, R. (2017). Pemikiran Pendidikan Muhammad Quthb Tentang Metode Keteladanan. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 16. https://doi.org/10.30868/ei.v6i11.92
Muhammad, A. H. (2022). Pengaruh Pemahaman Mata Pelajaran Fiqih Terhadap Keaktifan Beribadah Siswa Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Blitar Tahun Ajaran 2021-2022. SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies, 2(2), 11–25. https://doi.org/10.28926/sinda.v2i2.444
Ramdan, A., & Usman, M. (2021). Pola Interaksi dan Komunikasi Kyai terhadap Santri di Pesantren Sirnarasa. Iktisyaf: Jurnal Ilmu Dakwah dan Tasawuf, 3(1), 56–85. https://doi.org/10.53401/iktsf.v3i1.37
Sarwono, J. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu.
Siregar, A. B. . (2021). Pendekatan Pendidikan Anak?: Keteladanan , Nasehat dan Perhatian. Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1), 1–8.
Subagiya, B. (2023). Eksplorasi penelitian Pendidikan Agama Islam melalui kajian literatur?: Pemahaman konseptual dan aplikasi praktis. Ta’dibuna: Jurnal Pedidikan Islam, 12(3), 304–318. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i3.13829
Sutrisno Ahmad, Ali Syarqowi, Rif’at Husnul Ma’afi, Agus Budiman, A. H. Z. (2011). ???? ??????? ????????. Darussalam Press.
Suyanta, S. (2018). Signifikansi Qudwah Guru Dalam Pembelajaran Siswa Smp Dan Sma Di Aceh Utara. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(1), 60–78. https://doi.org/10.22373/jm.v8i1.2811 Refbacks
Yapono, A. (2015). Filsafat Pendidikan dan Hidden Curriculum dalam Perspektif KH. Imam Zarkasyi (1910-1985). Tsaqafah Jurnal Peradaban Islam, 11(2), 291–312.