Penerapan Supervisi Artistik dalam Proses Pembelajaran

Authors

  • Mudzakkir Mudzakkir Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Kendal Ngawi

Keywords:

Supervisi, Artistik, Pembelajaran.

Abstract

Ciri-ciri pendekatan artistik, yaitu: a) Menaruh perhatian terhadab karakter ekspresif tentang peristiwa pengajaran yang terjadi. b) Memerlukan ahli seni dalam melihat sesuatu (halus, lembut dan untuk menjangkaunya perlu dengan rasa) dalam pengajaran. c) Mengapresiasi setiap konstribusi unik para guru disupervisi terhadap pengambangan siswa. d) Menaruh perhatian pada kehidupan kelas secara keseluruhan. e) Model artistik terhadap supervisi memerlukan laporan yang menunjukkan bahwa dialog antara supervisor yang supervisi dilaksanaka atas dasar kepemimpinan yang dilakukan oleh kedua belah pihak. f) Memerlukan hubungan yang baik dan menyenangkan antara supervisor dan siswa. Pendekatan artistik jelas berbeda dengan pendekatan ilmiah, karena seorang supervisor yang menerapkan pendekatan artistik dalam supervisi pengajaran di ibaratkan sebagia seorang pelatih musik dan atau seni yang berhadapan dengan mereka yang sedang belajar atau mempersiapkan tampilan-tampilan sebuah pertunjukan seni.

Downloads

Published

2021-02-21

Issue

Section

Articles