Efektivitas Pembelajaran BTQ berbasis Daring pada Era New Normal di MIN 3 Magetan

Authors

  • Yusnia Binti Kholifah Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Kendal Ngawi

Keywords:

Efektivitas, Pembelajaran, Daring

Abstract

Artikel ini mencoba mengupas bagaimana efektivitas pembelajaran berbasis daring di MIN 3 Magetan yang difokuskan pada pembelajaran BTQ (Baca Tulis Al Qur’an) pada masa New Normal. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti mengambil data melalui wawancara mendalam kepada informan, melakukan observasi partisipan, dan pengambilan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis data interaktif, dimulai dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa efektivitas pembelajaran BTQ berbasis daring di MIN 3 Magetan dimulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran, serta mengidentifikasi beberapa kendala dalam proses pelaksanaan pembelajaran daring. Meski adanya beberapa kendala yang terjadi, akan tetapi pembelajaran berbasis daring dianggap pembelajaran paling efektif sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19.

Downloads

Published

2021-02-21

Issue

Section

Articles