IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH AL-MAHRUSIYAH LIRBOYO KEDIRI
Keywords:
Implementation, Merdeka Belajar, PAIAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi kurikulum merdeka, yang meliputi (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Kendala Imlementasi merdeka belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MA Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa guru PAI telah mengikuti beberapakali pelatihan mengenai penerapan Kurikulum Merdeka Belajar, melakukan perencanaan pembelajaran pada mata pelajaran PAI, guru juga menyusun perangkat pembelajaran yang utama yaitu modul ajar, melaksanakan projek penguatan profil pelajar Pancasila, selain itu juga bagaimana proses pembelajaran berdiferensiasi yang dilakukan di sekolah tersebut. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan menggunakan assessment formatif dan sumatif.
References
Biro Komunikasi Dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Mendikbud Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan MerdekaBelajar,Nomor:408/Sipres/A5.3/XII/2019.11Desember2019,Https://Www.Kemdikbud.Go.Id/Main/Blog/2019/12/Mendikbud-Tetapkan-Empat-Pokok-Kebijakan-Pendidikan-Merdeka-Belajar Diakses Pada 13 Maret 2022 Pada Pukul 12.51 WIB, n.d.
Direktorat Jenderal, Pendidikan Tinggi, Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI, 2020), h. 2., n.d.
Hardani, Dkk. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. (Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu, 2022), h. 45, n.d.
Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2021), h.6., n.d.
Mohammad Zaini, Manajemen Kurikulum Terintegrasi: Kajian Di Pesantren Dan Madrasah (Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2020), 16, n.d.
Muhammad Syahrul Munir S.Pd, Wawancara Kediri,23 Juni 2024, n.d.
Muhammad Syahrul Munir S.Pd, Wawancara Kediri,27 Juni 2024., n.d.
Muhammad Yamin Dan Syahrir, “Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar, (Telaah Metode Pembelajaran)”, Jurnal Ilmiah Mandala Education, (Vol. 6, No. 1, April 2020), Hlm. 126, n.d.
Nuraini Soyomukti, Teori-Teori Pendidikan: Tradisional, Neo Liberal, Marxis-Sosials, Postmodern, (Yogyakarta: Ar-Ruz Media Group, 2021), h. 27-29., n.d.
Sekretariat GTK, “Mengenal Konsep Merdeka Belajar Dan Guru Penggerak” GTK Kemdikbud | Mengenal Konsep Merdeka Belajar Dan Guru Penggerak Diakses Pada Senin, 14 Maret 2022., n.d.
Sitti Mustaghfiroh, Konsep Merdeka Belajar Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey, (Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, Vol.3, No. 1 March 2020), h. 141-142, n.d.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D, (Bandung: Alfabeta, 2014)h. 30, n.d.
Walshe, Gráinne. “Radical Constructivism—von Glasersfeld.” In Science Education in Theory and Practice: An Introductory Guide to Learning Theory, edited by Ben Akpan and Teresa J. Kennedy, 359–71. Cham: Springer International Publishing, 2020. https://doi.org/10.1007/978-3-030-43620-9_24.
Wiki Aji Sugiri Dan Sigit Priatmoko, “Persprektif Asesmen Autentik Sebagai Alat Evaluasi Dalam Merdeka Belajar”, (Dalam Jurnal Pendidikan Guru Madrasah,Volume 4 No.1), h. 53, n.d.