Implementasi Metode Pembelajaran Active learning dalam Pembelajaran Fiqih di Ma’had Aly Lirboyo Kediri

Authors

  • Muhammad Haris Maulana UIT Lirboyo Kediri

Keywords:

Implementation, Methode, Active Learning, Ma'had Aly, Lirboyo

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran yang tepat merupakan salah satu kunci penting dalam proses belajar mengajar. Kesuksesan dalam penguasaan sejumlah kompetensi dalam pembelajaran merupakan keinginan peserta didik. Metode active learning sebagai sebuah metode pembelajaran dapat meningkatkan berfikir kritis dari mahasantri sehingga dapat memberikan pemahaman dalam materi yang diajarkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif dan studi kasus, untuk menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata atau lisan yang mendalam dari individu, kelompok, atau situasi. Peneliti memperoleh kesimpulan pada tiga aspek, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pertama adalah perencanaan yaitu terletak pada silabus yang sederhana. Kedua adalah pelaksanaan, pada kegiatan pelaksanaan ini ada dua kegiatan yang dilakukan dosen yaitu kegiatan pembelajaran aktif (active learning) berupa debat aktif, direct instruction, dan small grup discussion. Ketiga adalah evaluasi/penilaian yang dilakukan dosen yaitu pada ranah kognetif, psikomotorik, dan afektif.

References

Anwar, Zainul. Wawancara Dengan Dosen Ma’had Aly Lirboyo, 20 Juni 2023. Pondok Pesantren Lirboyo.

Ibrahim. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2015.

Masgumelar, Ndaru Kukuh, dan Pinton Setya Mustafa. “Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran.” GHAITSA?: Islamic Education Journal 2, no. 1 (2021).

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Putri, Fathiya Eka, Fitrah Amelia, dan Yesi Gusmania. “Hubungan Antara Gaya Belajar dan Keaktifan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika 2, no. 2 (31 Agustus 2019).

Ramlah, Sitti. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pokok Bahasan Perlindungan dan Penegakan Hak Asasi Manusia dengan Model Active Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA-4 SMA Negeri 3 Mataram.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 4, no. 1 (22 Maret 2018). https://doi.org/10.33394/jk.v4i1.906.

Rosyidah, Ida, dan Teti Fitriyani. “Metode Active Learning Type Card Sort dalam Meningkatkan Prestasi Siswa.” Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal 5, no. 2 (2020).

Yusuf, Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana, 2014.

Downloads

Published

2025-02-12

Issue

Section

Articles