Integrasi Artificial Intelligence (AI) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Mahasiswa STAI Ma’arif Ngawi
Keywords:
Artificial Intelligence, Pembelajaran, Bahasa Arab, STAI Ma'arif NgawiAbstract
Perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi integrasi AI dalam pembelajaran bahasa Arab di STAI Ma'arif Ngawi, dengan fokus pada efektivitas dan tantangan implementasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan mahasiswa dan dosen, observasi kelas, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab, terutama dalam personalisasi pembelajaran, peningkatan interaksi, dan penyediaan umpan balik instan. Namun, tantangan seperti keterbatasan akses teknologi, kurangnya pelatihan yang memadai bagi dosen, dan isu etika terkait penggunaan AI juga perlu diatasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi AI dalam pembelajaran bahasa Arab di STAI Ma'arif Ngawi memiliki prospek yang menjanjikan, namun memerlukan perencanaan yang matang, dukungan infrastruktur, dan pengembangan kapasitas sumber daya manusia agar dapat diimplementasikan secara efektif dan berkelanjutan.
References
Abidin, Z. (2023). Integrasi AI dalam Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Digital. Jurnal Inovasi Pembelajaran Digital, 7(2), 112-134.
Azzahra, F. (2022). Analisis Penggunaan Natural Language Processing dalam Pembelajaran Maharah Kalam. Jurnal Linguistik Terapan, 12(4), 89-108.
Bates, A. W. (2019). Teaching in a Digital Age: Guidelines for Designing Teaching and Learning. Tony Bates Associates Ltd.
Chapelle, C. A. (2001). Computer applications in applied linguistics: Issues and trends. TESOL quarterly, 35(4), 697-725.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
Ellis, R. (2008). The study of second language acquisition. Oxford University Press.
Fauzi, A., & Rahman, M. (2023). Implementasi Teknologi AI dalam Pengembangan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. Jurnal Teknologi Pendidikan Islam, 8(2), 145-167.
Flyvbjerg, B. (2011). Case Study. In N. K. Denzin & Y. S. Lincoln (Eds.), The Sage Handbook of Qualitative Research (4th ed., pp. 301-316). Sage Publications.
Hassan, A. (2022). Implementasi Speech Recognition dalam Pembelajaran Maharah Istima'. Jurnal Bahasa dan Teknologi, 14(3), 67-89.
Hidayati, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Platform AI dalam Pembelajaran Nahwu dan Sharaf. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 15(1), 78-96.
Maryam, S. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning dengan Integrasi AI untuk Maharah Qira'ah. Jurnal Pendidikan Islam Digital, 6(2), 178-196.
Merriam, S. B. (2009). Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation. Jossey-Bass.
Nation, I. S. P. (2001). Learning vocabulary in a second language. Foreign language annals, 34(3), 233-240.
Rizki, M., & Aminah. (2023). Penerapan Sistem Pembelajaran Adaptif Berbasis AI dalam Kurikulum Bahasa Arab. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 9(1), 45-67.
Ryding, K. C. (2014). Arabic: A Linguistic Introduction. Cambridge University Press.
Stake, R. E. (1995). The Art of Case Study Research. Sage Publications.
Syafii, A. (2023). Pengembangan Sistem Penilaian Otomatis Berbasis AI untuk Ujian Bahasa Arab. Jurnal Artificial Intelligence dalam Pendidikan, 3(2), 89-112.
Syamsuddin, et al. (2023). Pemanfaatan Machine Learning untuk Evaluasi Otomatis Penulisan Arab. Jurnal Kecerdasan Artifisial dan Pendidikan, 4(3), 234-255.
Versteegh, K. (2001). The Arabic language. Edinburgh University Press.
Wati, R. (2023). Evaluasi Penggunaan AI Assistant dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 5(4), 156-175.
Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods. Sage Publications.