Pemikiran K.H Marzuqi Mustamar Tentang Pembelajaran Nahwu
Keywords:
Pemikiran, KH Marzuqi Mustamar, Pembelajaran NahwuAbstract
Artikel ini bermaksud mengurai pemikiran K.H Marzuki Mustamar mengenai ilmu Nahwu yang meliputi tujuan, materi, metode dan evaluasi pembelajaran Nahwu. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitiannya adalah studi tokoh. Hasil penelitian ini adalah (1) pembelajaran Nahwu menurut KH. Marzuqi Mustamar berhubungan tujuannya adalah menguasai nahwu secara mendalam. (2) berhubungan dengan materi maka untuk calon pendidik bisa menguasai materi-materi yang isinya detail seperti kitab ‘Imrithy, Alfiyah ibnu malik, Syarah Ibnu aqil, dll. sebaliknya jika untuk murid umum materi yang dipelajari materi yang sederhana seperti kitab Nahwu wadhih, Al-jurumiyah dll (3) berhubungan dengan metode maka untuk calon pendidik bisa mengguakan metode induktif atau deduktif, sebaliknya jika untuk murid umum menggunakan metode qowa’id dan tarjamah. (4) berhubungan dengan evaluasi untuk calon pendidik evaluasinya membaca kitab dengan detail, sebaliknya jika untuk murid umum membaca kitab secara umum