Problematika Pembelajaran Fiqh di MTs Singo WaliSongo Kartoharjo Magetan
Keywords:
Problematika, Pembelajaran, FiqihAbstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengambilan data melalui wawancara tidak terstruktur kepada informan, melakukan observasi, dan pengambilan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Milles dan Haberman, yaitu dimulai dari kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa, ada tiga problematika dalam pelaksanaan pembelajaran fiqih di MTs Singo Wali Songo Kartoharjo Magetan. Pertama, problem berkaitan dengan peserta didik, seperti kurang adanya semangat dari peserta didik dalam mengikuti pembelajaran fiqih, lemahnya kemampuan peserta didik dalam menguasai materi fiqih, kurang beraninya peserta didik dalam mengeksplor materi. Kedua, problem dari pendidik yaitu kurangnya professional pendidik dalam menjalankan tugasnya sebagai pengajar materi fiqih, dan ketiga problem terkait sarana prasarana, bahwa sarana prasarana dianggap kurang representatif dalam menunjang pelaksanaan pembelajaran fiqih.