PERANAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL QUR'AN PADA KELAS VII DI SMPN 2 SARADAN TAHUN 2023-2024
Keywords:
peranan guru, kesulitan membaca Al Qur’an, SMPN 2 SaradanAbstract
Pembelajaran membaca Al Qur’an di kelas VII sering dihadapkan pada berbagai hambatan yang mempengaruhi kemajuan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peranan guru dalam mengatasi kesulitan membaca Al Qur’an pada siswa kelas VII di SMPN 2 Saradan tahun pelajaran 2023–2024. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus; informan terdiri atas dua guru Pendidikan Agama Islam dan lima siswa, sedangkan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan strategi pembelajaran berbasis model tilawah, pemanfaatan media audio visual, dan bimbingan kelompok kecil secara berkala, sehingga kemampuan membaca Al Qur’an siswa meningkat (terlihat dari peningkatan nilai rata?rata tilawah dari 65 menjadi 80), rasa percaya diri siswa bertambah, dan minat belajar menjadi lebih tinggi.
References
Creswell, J. W. (2016). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Fadillah, R. (2020). Pemanfaatan media digital dalam pembelajaran Al-Qur’an di sekolah menengah. Journal of Islamic Education Technology, 5 (1), 39–50.
Fitriani, N. (2020). Peran lingkungan keluarga dalam mendukung pembelajaran Al-Qur’an di sekolah. Islamic Education Journal, 7 (2), 67–78.
Hamid, A. (2018). Peranan guru sebagai motivator dalam pembelajaran agama Islam. Jurnal Kependidikan Islam, 3 (1), 11–22.
Hasan, H. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran Al-Qur’an pada remaja. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 13 (2), 102–117. [https://doi.org/10.5678/jipi.2021.13208](https://doi.org/10.5678/jipi.2021.13208)
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Mulyasa, E. (2019). Menjadi guru profesional: Menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan . Bandung: Remaja Rosdakarya.
Safitri, D. (2021). Efektivitas metode tilawah dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an siswa SMP. Jurnal Pendidikan Islam, 15 (3), 205–214.
Schunk, D. H. (2012). Learning theories: An educational perspective (6th ed.). Boston, MA: Pearson.
Suprijono, A. (2020). Konstruktivisme dalam pembelajaran agama . Jakarta: Kencana.
Yusuf, S. (2017). Pengaruh bimbingan kelompok terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4 (1), 55–64.