UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN TATA CARA BERHIJAB YANG BENAR PADA SISWI KELAS XI DI SMKN 2 JIWAN

Authors

  • Juniaris Agung Wicaksono Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun
  • Semin Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun
  • Ayu Kurniawati Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun

Keywords:

Guru PAI, Hijab, Strategi Pembinaan, Kesadaran Religius, Sekolah Kejuruan

Abstract

Fenomena kurangnya pemahaman siswi tentang tata cara berhijab yang benar menjadi perhatian dalam pembinaan karakter Islami di sekolah umum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menerapkan tata cara berhijab yang benar pada siswi kelas XI di SMKN 2 Jiwan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, melalui teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menggunakan strategi keteladanan, pembiasaan, pendekatan personal, serta sanksi edukatif untuk membentuk kesadaran dan kedisiplinan siswi dalam berhijab sesuai syariat. Tantangan utama meliputi rendahnya kesadaran diri dan pengaruh lingkungan luar, namun didukung oleh kultur sekolah religius dan dukungan komunitas. Strategi yang diterapkan terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas dan konsistensi berhijab siswi.

References

Aisyah, N. (2020). Peran guru PAI dalam membina etika berpakaian menurut syariat Islam pada siswa kelas XI SMK Swasta Ki Hajar Dewantara Kota Pinang (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). https://repository.uinsu.ac.id/

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (Eds.). (2018). The SAGE handbook of qualitative research (5th ed.). SAGE Publications.

Fitri. (2020). Peran guru PAI dalam menanamkan etika berbusana muslimah bagi peserta didik di SMAN 1 Bambalamotu Sulawesi Barat (Skripsi Sarjana, Institut Agama Islam Negeri Palu). https://repository.iainpalu.ac.id/

Lailatulqadri, N. (2019). Peran guru dalam membina etika berpakaian siswi di MTs Al-Madaniyah Jempong Mataram tahun pelajaran 2019/2020 (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Mataram). https://etd.uinmataram.ac.id/

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revisi). Remaja Rosdakarya.

Muchith, M. S. (2016). Guru PAI yang profesional. Quality: Jurnal Pendidikan, 4(2), 226–238. https://doi.org/10.21043/quality.v4i2.2062

Mujiburrahman. (2021). Kontribusi guru PAI dalam pembinaan etika berpakaian Islami siswa SMAN Kota Sabang. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 21(2), 275–289. https://doi.org/10.22373/jiif.v21i2.8457

Mulyono. (2008). Manajemen administrasi dan organisasi pendidikan. Ar-Ruzz Media.

Romdlonatuzzulaichoh, S. (2014). Pembinaan etika berpakaian Islami bagi siswa muslim di SMA Negeri 1 Sleman (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga). https://digilib.uin-suka.ac.id/

Sinaga, T. M., & Firdaus, H. (2022, August 2). Pemakaian jilbab di sekolah jangan berdasarkan paksaan. Kompas.id. https://www.kompas.id/

Syaputra, Y. (2017). Peran guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak Islami siswa di SMA Muhammadiyah 2 Palembang (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Raden Fatah). https://repository.radenfatah.ac.id/

Tafsir, A. (2005). Ilmu pendidikan dalam perspektif Islam. Remaja Rosdakarya.

Taufik, M. (2017). Upaya guru PAI dalam menumbuhkan kesadaran siswi beragama Islam untuk berjilbab (Studi kasus di SMK Negeri 1 Ponorogo) (Skripsi Sarjana, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo). https://etheses.iainponorogo.ac.id/

Thawilah, A. A. (2007). Panduan berbusana Islami: Berpenampilan sesuai tuntunan Al-Qur’an dan As-Sunnah. Almahira.

Published

2024-06-12

Issue

Section

Articles