STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SHOLAT WAJIB DAN KEMAMPUAN BACA AL-QUR'AN PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KAUMAN TAHUN 2023
Keywords:
guru PAI, sholat wajib, baca Al-Qur’an, strategi pendidikanAbstract
Kurangnya kedisiplinan sholat wajib dan rendahnya kemampuan membaca Al-Qur'an pada siswa sekolah umum menjadi perhatian dalam pendidikan karakter Islami. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan sholat wajib dan kemampuan baca Al-Qur'an pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Kauman tahun 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan strategi keteladanan, pembiasaan ibadah, pengelompokan belajar baca Al-Qur’an, serta pembinaan berkelanjutan. Strategi ini terbukti efektif meningkatkan keteraturan siswa dalam melaksanakan sholat berjamaah dan kemampuan membaca Al-Qur'an secara bertahap. Faktor pendukung keberhasilan meliputi dukungan sekolah, partisipasi orang tua, dan kemitraan dengan lembaga keagamaan.
References
Anita, S. (2024). Strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an bagi siswa di SMPN 6 Simeulue Timur (Skripsi Sarjana, UIN Ar-Raniry Banda Aceh). https://repository.ar-raniry.ac.id/
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (Eds.). (2018). The SAGE handbook of qualitative research (5th ed.). SAGE Publications.
Febrianti, L. D. (2023). Strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan program tahfidzul Qur’an di SMP Negeri 1 Kauman Ponorogo (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Ponorogo). https://repository.umpo.ac.id/
Khotimah, S. (2023). Strategi guru PAI dalam meningkatkan perilaku Islami peserta didik di SMAN 1 Sambit Ponorogo (Skripsi Sarjana, IAIN Ponorogo). https://etheses.iainponorogo.ac.id/
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (ed. revisi). PT Remaja Rosdakarya.
Ropiatussaadah, R. (2020). Peran guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dalam shalat berjama’ah di SMP Riyadlul Jannah (Skripsi Sarjana, Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia). https://repository.unusia.ac.id/
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Zahra, F., Nilasari, N. P., & Chanifudin, C. (2024). Metode keteladanan dan metode pembiasaan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation, 1(2), 45–64. https://doi.org/10.57235/hemat.v1i2.2827