KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA (MENDIDIK ANAK TANPA KEKERASAN)
Keywords:
pendidikan anak, keluarga, tanpa kekerasan, pola asuh, dampak psikologiAbstract
Artikel ini membahas pentingnya pendidikan anak dalam keluarga dengan pendekatan tanpa kekerasan. Pendidikan dalam keluarga memiliki peran fundamental sebagai pondasi awal pembentukan karakter dan kepribadian anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, merujuk pada berbagai sumber ilmiah untuk mendeskripsikan konsep pendidikan anak, peran keluarga, serta dampak positif dan negatif dari pola asuh yang digunakan. Pendidikan yang disampaikan dengan kasih sayang, keteladanan, nasihat yang lembut, pemberian hadiah, serta hukuman yang bijak tanpa kekerasan, terbukti lebih efektif dalam membentuk anak yang sehat secara fisik dan psikis. Sebaliknya, kekerasan dalam mendidik anak dapat berdampak serius seperti trauma, rendahnya kecerdasan emosional, dan potensi perilaku menyimpang di masa depan. Artikel ini menegaskan pentingnya kesadaran orang tua dalam membangun lingkungan keluarga yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal.
References
Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, and Sauda Julia Merliyana. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2022): 974–80.
Bp, Abd Rahman, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, and Yuyun Karlina. “PENGERTIAN PENDIDIKAN, ILMU PENDIDIKAN DAN UNSUR-UNSUR PENDIDIKAN,” n.d.
Hendariah, Rizka. “Konsep Pendidikan Anak dalam Keluarga (Mendidik Anak Tanpa Kekerasan),” May 21, 2013. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24264.
Manumpahi, Edwin, Shirley Y. V. I. Goni, and Hendrik W. Pongoh. “KAJIAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA TERHADAP PSIKOLOGI ANAK DI DESA SOAKONORA KECAMATAN JAILOLO KABUPATEN HALMAHERA BARAT.” ACTA DIURNA KOMUNIKASI 5, no. 1 (2016). https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/11718.
Nurul, Isnaini, and Sulaeman A. “PENDIDIKAN ANAK TANPA KEKERASAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL PRODI PAI UMP, 2019. https://digitallibrary.ump.ac.id/262/.
Syahruloh, Ahmad, and Firdaus Firdaus. “Konsep Pendidikan Anak Dalam Keluarga (Mendidik Peserta Didik Tanpa Kekerasan).” Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP) 5, no. 1 (July 30, 2024): 160–71. https://doi.org/10.55583/jkip.v5i1.956.