PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK KUSUMA TERATE KOTA MADIUN TAHUN 2024
Keywords:
Pendidikan Agama Islam, karakter religius, pembiasaan keagamaan, Siswa SMKAbstract
Kebutuhan akan penguatan karakter religius di lingkungan sekolah kejuruan menjadi tantangan utama dalam era modernisasi dan globalisasi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SMK Kusuma Terate Kota Madiun tahun 2024, termasuk strategi guru, efektivitas kegiatan keagamaan, serta faktor pendukung dan tantangannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi pembelajaran di kelas, pembiasaan kegiatan keagamaan, serta keteladanan guru berhasil meningkatkan karakter religius dan disiplin siswa, meskipun terdapat tantangan berupa keterbatasan waktu dan pengaruh teknologi.
References
Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam . Jurnal Al-Ulum , 13(1), 25-38.
Ainurahma, F., & Setiawan, H. R. (2022). Pembentukan Karakter Peserta Didik melalui Pendidikan Agama Islam di SMK Dharma Utama Pegajahan . Edumaniora: Jurnal Pendidikan dan Humaniora , 1(2), 284-292.
Asy Syifa, R. M. (2024). Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Nubuwwah Peserta Didik Kelas X di SMKN 7 Bandar Lampung . Skripsi. Bandar Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
Chotimah, K. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2022/2023 (Skripsi). UIN Raden Mas Said Surakarta.
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (Edisi Keempat). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hermawan, I. (2020). Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMK Terpadu Ad-Dimyati Bandung. Jurnal Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 4(1), 1-12.
Indriastuti, N. N. I. (2020). (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Magelang. Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di SD Negeri Geger Magelang
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru (Terj. T. R. Rohidi). Jakarta: UI-Press.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mu’tafiyah, N., Munawaroh, L., & Fadhlurrohman, M. (2025). Penguatan Budaya Religius melalui Pembiasaan di Sekolah. Millatuna: Jurnal Studi Islam, 2(1), 45–60.
Nafilah, M. B., Gofur, A., & Khoirunni, R. (2025). Implementasi Budaya Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa di MAN 3 Jombang. Millatuna: Jurnal Studi Islam, 2(1), 45–58.
Nurjanah, N., Nisa, P. H., Fahriza, R., Nivacindera, S. E., & Farida, N. A. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Menjaga Nilai Moral Remaja . Hawari: Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam , 4(1), 72-81.
Purba, D. I. (2024). Strategi Implementasi Pembelajaran PAI yang Berfokus pada Pengembangan Karakter Siswa di SMK Negeri 1 Kota Tebing Tinggi . Analysis: Journal of Education , 2(2), 519-525.
Rahma, V. (2023). Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Akhlak Siswa di SMK Negeri 3 Metro. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 1(5), 1066–1072.
Rahmah, S. A., & Abidin, Z. (2024). Problematika dan Solusi Pelaksanaan Pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah Kartasura . Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial , 6(1), 347-352.
Safiqo, T. (2020). Pendidikan Afektif dan Penerapannya dalam Pembelajaran di Sekolah . Tasyri’ , 27(2), 51-60.
Sanjani, N., Ma’arif, S., & Yuniar, T. (2024). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Keagamaan di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 15–23.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.
Suryati, W. (2000). Pengaruh Nilai-Nilai Pendidikan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate terhadap Motivasi Belajar PAI bagi Siswa di SMK Kusuma Terate Madiun (Skripsi). UIN Sunan Ampel Surabaya.
Susanto, A. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah: Teori dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group.
Violita Rahma, V. (2023). Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Akhlak Siswa di SMK Negeri 3 Metro. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 1(5), 1066–1072.