UPAYA PENINGKATAN HAFAL AL QUR'AN PADA SANTRI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN AL-KARIMAH GOTAK DESA KLOROGAN KECAMATAN GEGER

Authors

  • Zainul Arifin Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun
  • Khoirunnisaa' Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun
  • Duwi Ratna Sari Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun

Keywords:

Hafal Al-Qur’an, Pesantren Tahfidz, Strategi Pembimbingan, Inovasi Metode, Keluarga

Abstract

Pesantren tahfidz di daerah rural menghadapi tantangan besar dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an santri di tengah dinamika zaman. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis upaya peningkatan hafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Karimah Gotak, Desa Klorogan, Kecamatan Geger. Menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, penelitian ini menemukan bahwa strategi pembimbingan musyrif yang adaptif, inovasi metode pembelajaran, pemanfaatan teknologi sederhana, serta keterlibatan aktif keluarga secara kolaboratif efektif meningkatkan konsistensi dan kualitas hafalan santri. Hasil ini menegaskan pentingnya pembinaan tahfidz yang holistik dan adaptif di lingkungan pesantren rural.

References

Asy’ari, L. (2019). Problematika Santri dalam Menghafal Al-Qur’an. Jurnal Studi Qur’an, 3(1), 101-115.

Aziz, F. (2018). Strategi Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Baitul Qur’an Depok. Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 143-159.

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (Edisi Keempat). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamid, A. (2020). Pembinaan Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Evaluasi dan Mentoring Personal di Pesantren Modern. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 127-139.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munir, M. (2021). Model Pembinaan Tahfidz Kolaboratif di Pesantren Rural. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2), 231-245.

Rahmawati, R. (2021). Motivasi Santri dan Keberhasilan Tahfidz Al-Qur’an di Pesantren. Jurnal Psikologi Pendidikan Islam, 4(2), 201-214.

Rochim, S. (2020). Faktor Lingkungan dalam Keberhasilan Santri Hafidz Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(1), 63-79.

Sari, I. (2023). Digitalisasi Tahfidz di Pesantren Rural: Studi Kasus Pemanfaatan WhatsApp untuk Monitoring Setoran Hafalan. Jurnal Pendidikan Islam Digital , 2(1), 55-68.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Syamsul, M. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Qur’ani melalui Pembelajaran Tahfidz di Pesantren. Al-Bayan: Jurnal Studi Al-Qur’an , 21(2), 215-232.

Yuliani, N. (2019). Strategi Peningkatan Hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Qur’an Semarang. Jurnal Pendidikan Qur’an, 6(1), 15-29.

Yusuf, F. (2022). Peran Pesantren dalam Menanamkan Nilai-Nilai Al-Qur’an di Era Modern. Jurnal Pendidikan Islam Nusantara, 9(1), 25-40.

Zahro, S. (2022). Pengaruh Suasana Pesantren terhadap Prestasi Hafalan Santri. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 13(2), 77-88.

Published

2024-01-08

Issue

Section

Articles