Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Pada Siswi di SMP Negeri 10 Kota Madiun Tahun Pelajaran 2022
Keywords:
Pendidikan Agama Islam, Mutu Pendidikan, Strategi GuruAbstract
Pendidikan Agama Islam di sekolah negeri menghadapi tantangan besar dalam membentuk karakter religius siswi di era digital dan globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam pada siswi di SMP Negeri 10 Kota Madiun tahun pelajaran 2022. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran aktif, pembiasaan religius, mentoring personal, dan pemanfaatan teknologi digital efektif meningkatkan partisipasi dan pemahaman nilai-nilai keislaman pada siswi. Kolaborasi sekolah, guru, dan keluarga menjadi kunci keberhasilan peningkatan mutu pendidikan agama Islam.
References
Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum , 13(1), 25-38.
Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Kencana.
Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Englewood Cliffs: Prentice-Hall.
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (Edisi Keempat). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fatmawati, R. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran PAI Berbasis Kontekstual di SMP Negeri. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam , 9(2), 215-228.
Fauzi, N. (2019). Tantangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Milenial. Jurnal Pendidikan Agama Islam , 7(1), 51-60.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. (2017). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2015). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Safiqo, T. (2020). Pendidikan Afektif dan Penerapannya dalam Pembelajaran di Sekolah. Tasyri’ , 27(2), 51-60.
Sagala, S. (2010). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.
Syamsul, M. (2021). Dinamika Pendidikan Islam di Era Digital: Peluang dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Islam Kontemporer , 3(1), 1-15.
Yuliani, N. (2021). Internalisasi Nilai Religius di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Islam , 15(2), 141-155.
Zulfa, E. (2020). Media Digital dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Negeri. Jurnal Komunikasi Pendidikan , 6(1), 88-101.