PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWADI SMPN 2 SUKOMORO KABUPATEN MAGETAN TAHUN 2022

Authors

  • Ardian al hidaya Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun
  • Muhammad Lutfi Syarifuddin Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun
  • Fatmawati Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Akhlak Siswa, Pembiasaan Religius, Sekolah Negeri, Rural

Abstract

Perkembangan globalisasi dan kemajuan teknologi membawa tantangan baru dalam pembentukan akhlak siswa di sekolah negeri wilayah rural. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa di SMPN 2 Sukomoro Kabupaten Magetan tahun 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan religius, keteladanan guru, inovasi pembelajaran, dan kolaborasi sekolah-keluarga secara signifikan mampu meningkatkan sikap jujur, disiplin, dan kepedulian sosial siswa. Tantangan masih ada, terutama pengaruh media digital dan motivasi siswa, namun strategi adaptif guru efektif membina akhlak. Penelitian ini menegaskan pentingnya PAI dalam pembentukan karakter mulia siswa.

References

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum, 13(1), 25-38.

Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Kencana.

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Englewood Cliffs: Prentice-Hall.

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (Edisi Keempat). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fatmawati, R. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran PAI Berbasis Kontekstual di SMP Negeri. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2), 215-228.

Fauzi, N. (2019). Tantangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Milenial. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 51-60.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhaimin. (2017). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2015). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Safiqo, T. (2020). Pendidikan Afektif dan Penerapannya dalam Pembelajaran di Sekolah. Tasyri’ , 27(2), 51-60.

Sagala, S. (2010). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Syamsul, M. (2021). Dinamika Pendidikan Islam di Era Digital: Peluang dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Islam Kontemporer , 3(1), 1-15.

Yuliani, N. (2021). Internalisasi Nilai Religius di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 141-155.

Zulfa, E. (2020). Media Digital dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Negeri. Jurnal Komunikasi Pendidikan , 6(1), 88-101.

Zulfa, E. (2020). Media Digital dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Negeri. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 6(1), 88-101.

Published

2023-07-04

Issue

Section

Articles