UPAYA PENINGKATAN HAFAL AL QUR'AN PADA SANTRI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN AL-KARIMAH GOTAK DESA KLOROGAN KECAMATAN GEGER

Authors

  • Fityan Akbar Rizki Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun
  • Ro'yun Niswati Ahada Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun
  • Febri Andika Romah Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun

Keywords:

tahfidz, pesantren, motivasi, inovasi

Abstract

Tantangan perkembangan zaman menuntut pesantren tahfidz untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an santri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi, faktor pendukung dan penghambat, serta inovasi dalam peningkatan hafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Karimah Gotak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode talaqqi, muroja’ah kolektif, pemanfaatan teknologi digital, serta pembinaan motivasi spiritual secara intensif terbukti efektif meningkatkan kualitas hafalan santri. Keberhasilan santri sangat dipengaruhi oleh motivasi intrinsik, dukungan keluarga, dan lingkungan pesantren yang kondusif. Kolaborasi dan inovasi menjadi kunci sukses pendidikan tahfidz di era modern.

Tantangan perkembangan zaman menuntut pesantren tahfidz untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an santri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi, faktor pendukung dan penghambat, serta inovasi dalam peningkatan hafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Karimah Gotak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode talaqqi, muroja’ah kolektif, pemanfaatan teknologi digital, serta pembinaan motivasi spiritual secara intensif terbukti efektif meningkatkan kualitas hafalan santri. Keberhasilan santri sangat dipengaruhi oleh motivasi intrinsik, dukungan keluarga, dan lingkungan pesantren yang kondusif. Kolaborasi dan inovasi menjadi kunci sukses pendidikan tahfidz di era modern.

References

Abdullah, M. (2021). Manajemen Pendidikan Tahfidz Al-Qur’an di Era Digital. Jurnal Pendidikan Islam , 10(1), 77-95.

Al-Ashfahani, R. (2015). Keutamaan Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Hikmah.

Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Kencana.

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (Edisi Keempat). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fauzi, N. (2020). Peran Keluarga dalam Menunjang Proses Tahfidz Santri. Jurnal Parenting Islami, 2(1), 45-56.

Hakim, L. (2019). Metode Talaqqi dalam Meningkatkan Hafalan Qur’an di Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 21-32.

Jannah, N. (2020). Motivasi dan Konsistensi Hafalan pada Santri Pesantren Tahfidz. Tadabbur, 5(2), 115-128.

Khasanah, U. (2021). Peran Media Digital dalam Mendukung Tahfidz Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam Kontemporer , 7(2), 31-46.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mubarok, A. (2019). Strategi Pembinaan Santri dalam Menghafal Al-Qur’an. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam , 6(1), 81-98.

Nasrulloh, F. (2020). Penguatan Karakter Santri Melalui Program Tahfidzul Qur’an. Jurnal Pendidikan Karakter , 8(3), 325-338.

Rosyidah, F. (2021). Kendala Santri dalam Menghafal Al-Qur’an dan Upaya Penanggulangannya. Jurnal Pendidikan Agama Islam , 12(2), 201-214.

Salsabila, N. (2020). Inovasi Metode Tahfidzul Qur’an di Pesantren Modern. EduReligi , 4(2), 93-110.

Slavin, R. E. (2011). Educational Psychology: Theory and Practice . Boston: Pearson.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Ulum, M. (2018). Efektivitas Pembelajaran Tahfidzul Qur’an. Jurnal Studi Qur’an , 13(1), 47-62.

Zarkasyi, H. F. (2017). Tradisi Pesantren dan Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka

Published

2023-07-04

Issue

Section

Articles