PROBLEMATIKA PENERAPAN MEMBACA AL QUR'AN PADA SISWA-SISWI DI SMK PSM 2 KAWEDANAN KABUPATEN MAGETAN

Authors

  • Juniaris Agung Wicaksono Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun
  • Semin Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun
  • Galih Candra Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun

Keywords:

Membaca Al-Qur’an, Pembelajaran, Motivasi, Literasi Agama

Abstract

Rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an di kalangan siswa SMK menjadi tantangan dalam pendidikan agama di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi problematika penerapan pembelajaran membaca Al-Qur’an pada siswa-siswi SMK PSM 2 Kawedanan Kabupaten Magetan dan merumuskan solusi inovatif untuk peningkatannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an disebabkan oleh motivasi siswa yang minim, dukungan keluarga yang kurang, metode pembelajaran yang konvensional, serta keterbatasan fasilitas dan budaya sekolah. Solusi yang dianjurkan adalah kolaborasi sekolah, keluarga, dan pemanfaatan teknologi pendidikan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan pengembangan literasi Al-Qur’an di sekolah menengah.

References

Aminah, S., & Rahman, T. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa SMK dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Al-Qiraah , 9(2), 88-104.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Fauziah, R. (2023). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Remaja. Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia , 10(3), 110-124.

Hasanah, S. (2022). Strategi Inovatif dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an pada Generasi Digital. Jurnal Pendidikan Islam Kontemporer , 12(2), 123-137.

Mahmudi, A. (2020). Peran Keluarga dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Remaja. Jurnal Pendidikan Islam dan Keluarga , 5(1), 55-68.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Remaja Rosdakarya.

Mubarok, N., & Azizah, N. (2019). Penguatan Karakter Melalui Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di SMK. Jurnal Pendidikan Karakter Islam , 7(3), 155-170.

Nurhayati, T. (2023). Rekomendasi Model Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Islam Kreatif , 9(1), 100-113.

Putra, I. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Digital dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Sekolah Menengah. Jurnal Teknologi Pendidikan Islam , 8(2), 95-110.

Rahmah, F. (2022). Kendala Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di SMK Negeri. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 7(1), 21-34.

Sari, D. (2019). Penerapan Teori Konstruktivisme dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam , 8(1), 45-58.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Alfabeta.

Wahyuni, D. (2022). Evaluasi Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di SMK Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan Islam Berbasis Karakter , 8(4), 211-225.

Published

2023-07-04

Issue

Section

Articles