KEDISIPLINAN SHALAT BERJAMAAH DAN PUASA WAJIB PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 GEGER KABUPATEN MADIUN

Authors

  • Khoirunnisaa' Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun
  • Zainul Arifin Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun
  • Hamid Abdullah Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun

Keywords:

Kedisiplinan, Shalat Berjamaah, Puasa Wajib, Pembinaan Ibadah

Abstract

Kedisiplinan shalat berjamaah dan puasa wajib merupakan bagian penting dari pembentukan karakter religius pada siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kedisiplinan serta menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi pelaksanaan shalat berjamaah dan puasa wajib pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Geger Kabupaten Madiun. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan ibadah siswa dipengaruhi oleh motivasi, pemahaman agama, kebiasaan keluarga, pengawasan guru, serta lingkungan sosial. Meskipun program pembinaan sudah berjalan, masih diperlukan inovasi, kolaborasi antara sekolah dan orang tua, serta pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kedisiplinan ibadah.

References

Aziz, R. (2021). Makna Shalat Berjamaah dan Puasa dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Studi Keislaman , 9(1), 89-104.

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory . Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Fitriani, A. (2022). Kedisiplinan Beribadah dan Hubungannya dengan Prestasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Psikologi Pendidikan , 8(1), 92-105.

Hamid, L. (2021). Inovasi Metode Pembinaan Kedisiplinan Ibadah di Sekolah. Jurnal Inovasi Pendidikan Islam , 5(2), 160-173.

Hidayat, M. (2021). Peran Tokoh Agama dalam Pembinaan Akhlak Remaja di Pedesaan. Jurnal Dakwah dan Komunikasi , 16(1), 55-70.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyani, E. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kedisiplinan Ibadah Siswa. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini , 5(2), 111-123.

Nugroho, S. (2021). Pendidikan Karakter di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Jurnal Pendidikan Karakter , 19(2), 211-225.

Nuraini, S. (2020). Kendala Pembinaan Ibadah di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Islam , 15(3), 299-312.

Prasetyo, E. (2023). Model Pembinaan Kedisiplinan Ibadah Siswa di SMP Negeri. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam , 11(1), 123-140.

Putri, S. R., & Arifin, M. (2023). Pengaruh Media Digital terhadap Perilaku Keagamaan Remaja. Jurnal Komunikasi Islam , 10(2), 130-146.

Rahman, T. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kedisiplinan Ibadah Remaja di Daerah Pedesaan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan , 18(3), 235-247.

Rohman, F. (2022). Evaluasi Program Pembinaan Ibadah di SMP: Studi Kasus di Kabupaten Madiun. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam , 7(1), 78-91.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Syafei, A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembinaan Kedisiplinan Ibadah Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam , 13(1), 45-59.

Tilaar, H. A. R. (2018). Pendidikan, Kebudayaan dan Masyarakat Madani Indonesia . Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Published

2023-07-04

Issue

Section

Articles