Penerapan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Akhlak Pada Siswa Di SMKN 2 Jiwan Kabupaten Madin Tahun 2023
Keywords:
Pendidikan Agama Islam, Akhlak Siswa, Sekolah Kejuruan, Inovasi Pembelajaran, KarakterAbstract
Rendahnya kualitas akhlak di kalangan pelajar menuntut adanya inovasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah kejuruan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan mata pelajaran PAI dalam meningkatkan kualitas akhlak siswa di SMKN 2 Jiwan Kabupaten Madiun tahun 2023. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran inovatif, pembiasaan religius di sekolah, keteladanan guru, dan dukungan keluarga mampu mendorong internalisasi nilai akhlak pada siswa, meskipun pengaruh lingkungan luar sekolah dan budaya digital tetap menjadi tantangan. Dengan demikian, pembinaan karakter melalui PAI memerlukan kolaborasi berbagai pihak secara berkelanjutan.
References
Abdullah, M. (2022). Misi Kenabian dalam Pembentukan Akhlak Mulia. Jurnal Studi Keislaman , 15(1), 99-113.
Asiyah, N. (2021). Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam , 13(2), 150-165.
Bandura, A. (1977). Social Learning Theory . Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Fitriani, A. (2022). Kedisiplinan Beribadah dan Hubungannya dengan Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Psikologi Pendidikan , 8(1), 92-105.
Hamid, L. (2021). Inovasi Metode Pembinaan Akhlak di Sekolah. Jurnal Inovasi Pendidikan Islam , 5(2), 160-173.
Hidayat, M. (2021). Peran Tokoh Agama dalam Pembinaan Akhlak Remaja di Pedesaan. Jurnal Dakwah dan Komunikasi , 16(1), 55-70.
Mansur, A. (2017). Urgensi Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Islam , 5(1), 77-89.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyani, E. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kedisiplinan Ibadah Siswa. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini , 5(2), 111-123.
Nugroho, S. (2021). Pendidikan Karakter di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Jurnal Pendidikan Karakter , 19(2), 211-225.
Putri, S. R., & Arifin, M. (2023). Pengaruh Media Digital terhadap Perilaku Keagamaan Remaja. Jurnal Komunikasi Islam , 10(2), 130-146.
Rahman, T. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kedisiplinan Ibadah Remaja di Daerah Pedesaan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan , 18(3), 235-247.
Rahmawati, S. (2019). Pembelajaran Berbasis Pengalaman dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbawi , 6(2), 231-247.
Rohman, F. (2020). Integrasi Pembelajaran PAI dengan Pembiasaan Akhlak di Sekolah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia , 8(3), 279-295.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.
Syafei, A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembinaan Kedisiplinan Ibadah Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam , 13(1), 45-59.
Tilaar, H. A. R. (2018). Pendidikan, Kebudayaan dan Masyarakat Madani Indonesia . Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Zubaedi. (2015). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan . Jakarta: Kencana.