KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR'AN DAN TAJWID PADA SISWA SMPN 4 MAGETAN

Authors

  • Muhammad Lutfi Syarifuddin Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun
  • Ardian al hidaya Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun
  • Intan Permata Sari Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun

Keywords:

Membaca Al-Qur’an, Tajwid, Siswa SMPN

Abstract

Kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh setiap muslim, terutama siswa usia sekolah. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji pentingnya penguasaan bacaan Al-Qur’an dan tajwid di kalangan siswa SMPN 4 Magetan, serta menelaah kondisi, tantangan, dan strategi pembelajaran yang diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka melalui referensi jurnal ilmiah dan sumber terpercaya lainnya. Hasil kajian menunjukkan bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an siswa masih menghadapi sejumlah tantangan, seperti kesalahan dalam tajwid dan kurangnya pembiasaan membaca. Namun, terdapat dukungan dari program sekolah dan guru PAI yang dapat menjadi potensi penguat. Ditekankan pula pentingnya metode pembelajaran seperti Metode Usmani dan pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

References

Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, and Sauda Julia Merliyana. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2022): 974–80.

Damayanti, Fitria Rizqi. “Implementasi Pembelajaran Metode Usmani Dalam Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Quran Di TPQ Nurul Qur’an 1 Pagu Wates Kediri.” Undergraduate, IAIN Kediri, 2021. https://etheses.iainkediri.ac.id/6092/.

Hadinata, Sumarlin. “Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Ummi Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia 7-13 Tahun.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial 19, no. 1 (March 14, 2021): 60–79. https://doi.org/10.37216/tadib.v19i1.423.

Hermawan, Dean. “Efektivitas Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SDIT Bintang Tangerang Selatan” 2, no. 1 (2021).

Syarifuddin, Rizqa Hidayati, Munawarah, Norlaila, and Nor Hidayah. “Bimbingan Membaca Al-Qur’an Kepada Lansia Di Desa Tambalang Oleh Mahasiswi KKN Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Tahun 2021.” PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 1 (September 23, 2021): 01–07. https://doi.org/10.54259/pakmas.v1i1.20.

Published

2022-12-24

Issue

Section

Articles