Pengaruh Ibadah Siswa Terhadap Prestasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Wungu Kabupaten Madiun Tahun2022

Authors

  • Ro'yun Niswati Ahada Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun
  • Fityan Akbar Rizki Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun
  • Khoirul Adib Prasetia Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun

Keywords:

Ibadah Siswa, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam, Pembiasaan Ibadah, Sekolah

Abstract

Penanaman nilai-nilai keagamaan melalui pembiasaan ibadah di sekolah diyakini memiliki dampak terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ibadah siswa terhadap prestasi pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Wungu Kabupaten Madiun tahun 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang aktif melaksanakan ibadah secara konsisten cenderung meraih prestasi belajar PAI yang lebih baik serta memiliki motivasi dan karakter religius yang kuat. Lingkungan keluarga, peran guru, dan budaya sekolah sangat berkontribusi dalam membentuk kebiasaan ibadah tersebut. Temuan ini menegaskan pentingnya sinergi berbagai pihak dalam membangun lingkungan religius di sekolah.

References

Abidin, Z. (2018). Teori Humanistik dalam Pendidikan Islam. Jurnal Tarbawi, 13 (1), 33-45.

Aisyah, S. (2017). Internalisasi Nilai-nilai Keagamaan Melalui Pembiasaan Ibadah di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 5 (2), 117-129.

Anwar, S. (2018). Media Sosial dan Tantangan Pendidikan Agama Islam di Era Digital. Jurnal PAI Digital, 4 (2), 121-130.

Azra, A. (2015). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Kencana.

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (Edisi ke-4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hidayatullah, S. (2019). Efektivitas Metode Pembiasaan dalam Meningkatkan Disiplin Ibadah Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 6 (1), 45-59.

Khasanah, U. (2019). Pengaruh Pembiasaan Ibadah Terhadap Prestasi Akademik Siswa SMP di Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7 (1), 77-90.

Mahfud, C. (2020). Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 10 (2), 169-181.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Mulyasa, E. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahmat, M. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Intensitas Ibadah Anak. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2 (1), 53-66.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Supriyadi, T. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: UIN-Malang Press.

Syafii, M. (2016). Hubungan Antara Ibadah dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18 (3), 201-212.

Syafii, M. (2016). Hubungan Antara Ibadah dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18 (3), 201-212.

Winkel, W. S. (2013). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods (6th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Yusuf, M. (2016). Pendidikan Islam dalam Perspektif Multikultural. Bandung: Pustaka Setia.

Zuhairini, Z. (2015). Filsafat Pendidikan Islam. Surabaya: Bina Ilmu.

Published

2022-12-24

Issue

Section

Articles