Kreativits Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengajar Dan Hubungan Dengan Pembentukan Karakter Siswa
Keywords:
Kreativitas guru, Pendidikan Agama Islam, karakter siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kreativitas guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam proses pembelajaran dan bagaimana kreativitas tersebut berkontribusi terhadap pembentukan karakter siswa. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, penelitian ini menggali peran guru PAI dalam merancang pembelajaran yang inovatif, interaktif, serta relevan dengan kebutuhan siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa guru yang kreatif cenderung mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna sehingga dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter seperti religiusitas, kedisiplinan, kemandirian, tanggung jawab, serta toleransi. Faktor pendukung dan penghambat seperti fasilitas, motivasi pribadi, dan dukungan kelembagaan juga menjadi bagian penting dalam mengembangkan kreativitas guru. Dengan demikian, kreativitas guru PAI sangat erat kaitannya dengan keberhasilan pendidikan karakter di sekolah.
References
Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, and Sauda Julia Merliyana. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2022): 974–80.
Ahmad, M. Yusuf, and Indah Mawarni. “Kreativitas Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Pengaruh Lingkungan Sekolah Dalam Pengajaran.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 6, no. 2 (December 15, 2021): 222–43. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).7382.
Ahyat, Nur. “Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 4, no. 1 (2017): 24–31.
Hafid, Abdul, Sudirman Sudirman, Muhammad Amran, and Magvira Magvira. “Hubungan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD.” Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar 6, no. 1 (2022): 166–73.
Khairina, Ummul, Darul Ilmi, Khairuddin Khairuddin, and Jasmienti Jasmienti. “KREATIVITAS GURU PAI DALAM MENCIPTAKAN SITUASI BELAJAR EFEKTIF PADA KELAS VII DI SMPN 1 KECAMATAN SULIKI.” Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya 1, no. 4 (2022): 63–73.
Sholeh, Slamet, and Mimin Maryati. “Peran Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Siswa.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 6, no. 2 (2021): 212–17.
Tetambe, Ahmad Ghifari, and Dirman Dirman. “Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Ict.” Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam 7, no. 1 (2021). https://scholar.archive.org/work/24redwytijcvxpoop7zvjv5qd4/access/wayback/https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/zawiyah/article/download/2920/1536.
Wulandari, Hayani, and Dhena Agniya Zahra Nisrina. “Hubungan Kreativitas Dan Inovatif Guru Dalam Mengajar Di Kelas Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Minat Belajar Peserta Didik.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9, no. 16 (2023): 345–54.