Kedisiplinan Sholat Wajib Berjamaah Pada Siswa Di SMP Negeri 4 Mejayan Kabupaten Madiun Tahun 2022
Keywords:
Kedisiplinan, Sholat Wajib Berjamaah, Pendidikan Karakter, siswa SMPAbstract
Sholat wajib berjamaah di sekolah diyakini mampu membentuk karakter disiplin pada siswa, namun pelaksanaannya masih menghadapi berbagai tantangan di lingkungan sekolah negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan, menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi, serta mengidentifikasi strategi pembiasaan sholat wajib berjamaah pada siswa SMP Negeri 4 Mejayan Kabupaten Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sholat berjamaah memberikan dampak positif terhadap kedisiplinan siswa, meskipun terdapat hambatan seperti fluktuasi motivasi, pengaruh teknologi, dan keterbatasan fasilitas. Dukungan guru, keluarga, dan inovasi strategi pembinaan menjadi kunci keberhasilan program. Penelitian ini merekomendasikan kolaborasi semua pihak dalam memperkuat pembiasaan sholat berjamaah di sekolah.
References
Aziz, M.F. (2022). Strategi Penanaman Kedisiplinan Melalui Sholat Berjamaah di Sekolah Negeri. Jurnal Karakter , 6(1), 88-103.
Bronfenbrenner, U. (1979). The Ecology of Human Development . Cambridge, MA: Harvard University Press.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Daradjat, Z. (2011). Pendidikan Agama dalam Pembinaan Mental . Jakarta: Bumi Aksara.
Fitriani, D. (2021). Model Inovatif Penanaman Kedisiplinan Siswa melalui Sholat Berjamaah. Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Islam , 11(1), 33-49.
Hamid, A. (2017). Pembiasaan Sholat Berjamaah di Sekolah dan Pesantren: Studi Komparatif. Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam , 4(2), 75-86.
Harahap, A. (2020). Strategi Efektif Penanaman Nilai Keagamaan di Sekolah Negeri. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam , 9(1), 120-134.
Ismail, M. (2018). Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Karakter Disiplin Siswa. Al-Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam , 7(1), 55-67.
Kemendikbud. (2018). Panduan Penguatan Pendidikan Karakter . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyani, S. (2020). Hubungan Pembiasaan Sholat Berjamaah dengan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan Islam , 8(2), 115-129.
Nasution, L. (2019). Pengaruh Sarana Ibadah terhadap Partisipasi Siswa dalam Sholat Berjamaah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam , 5(1), 42-57.
Nata, A. (2019). Pendidikan Islam dan Pembentukan Karakter Bangsa . Jakarta: Rajawali Press.
Putra, R.A. (2021). Teknologi dan Tantangan Kedisiplinan Ibadah Siswa di Era Digital. Jurnal Pendidikan Agama Islam , 13(3), 205-220.
Rahman, Y. (2020). Peran Guru Agama dalam Pembiasaan Sholat Berjamaah di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini , 3(2), 67-78.
Sari, N. (2022). Kolaborasi Keluarga dan Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter , 9(2), 199-213.
Skinner, B.F. (1953). Science and Human Behavior . New York: Macmillan.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.