Kemampuan Membaca Al Qur'an Dan Tajwid Pada Siswa SMPN 4 Magetan
Keywords:
Membaca Al-Qur’an, tajwid, siswa SMP, pembelajaran agama, pendidikan IslamAbstract
Kemampuan membaca Al-Qur’an dan tajwid merupakan aspek penting dalam pendidikan agama Islam di sekolah menengah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan membaca Al-Qur’an dan pemahaman tajwid pada siswa SMP Negeri 4 Magetan serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pencapaiannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa sangat bervariasi, dipengaruhi oleh latar belakang keluarga, motivasi belajar, metode pembelajaran, dan dukungan lingkungan sekolah maupun orang tua. Rekomendasi utama adalah perlunya inovasi metode pembelajaran serta kolaborasi antara sekolah dan keluarga untuk meningkatkan kompetensi membaca Al-Qur’an dan tajwid. Penelitian ini diharapkan menjadi rujukan pengembangan pembelajaran agama Islam di sekolah menengah.
References
Abdullah, S. (2020). Pendidikan Akhlak di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Islam , 8(2), 123-139.
Abidin, Z. (2019). Tantangan Pendidikan Islam di Era Digital. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam , 7(1), 101-120.
Amalia, R. (2021). Inovasi Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Digital. Jurnal Pendidikan Agama Islam , 11(3), 245-262.
Bandura, A. (1977). Social Learning Theory . Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Hidayat, M. (2019). Strategi Guru dalam Pembinaan Akhlak Siswa. Jurnal Tarbawi , 14(1), 59-73.
Ismail, M. (2022). Peran Guru Agama dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter , 10(2), 203-218.
Kusuma, H. (2017). Komunikasi Efektif Guru dan Orang Tua dalam Pendidikan Akhlak Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 5(1), 87-99.
Makari, M. (2020). Pendidikan Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Islam , 15(2), 200-215.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Remaja Rosdakarya.
Nurdin, A. (2021). Peran Guru dalam Membimbing Perilaku Keagamaan Siswa. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini , 9(2), 178-191.
Rahman, F. (2021). Dimensi Keagamaan dalam Pembinaan Akhlak Siswa. Jurnal Studi Islam dan Pendidikan , 12(1), 95-112.
Santrock, J. W. (2012). Educational Psychology (5th ed.). New York: McGraw-Hill.
Suryani, D. (2018). Analisis Gap pada Penelitian Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia , 6(1), 123-134.
Wahyuni, S. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pembinaan Akhlak Remaja. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan , 4(2), 110-125.
Zamroni, M. (2018). Holistic Education dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam , 6(3), 221-237.