Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 10 Kota Madiun Tahun 2021
Keywords:
Pendidikan Agama Islam, Sekolah Menengah, Karakter, Moderasi BeragamaAbstract
Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah menengah memegang peran strategis dalam pembentukan karakter dan akhlak siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan PAI di SMP Negeri 10 Kota Madiun tahun 2021 serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi terhadap guru, siswa, serta orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan PAI telah didukung inovasi metode pembelajaran dan program keagamaan, namun masih menghadapi tantangan seperti keterbatasan waktu, perbedaan latar belakang keluarga siswa, dan kendala akses teknologi. Sinergi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat diperlukan untuk optimalisasi PAI dalam membentuk karakter dan moderasi beragama siswa.
References
Azra, A. (2019). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Kencana.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Fauziah, R. (2021). Evaluasi Pelaksanaan PAI di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 205-215.
Hidayat, T. (2021). Model Pembelajaran Kontekstual dalam Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ismail, S. (2020). Kolaborasi Sekolah dan Keluarga dalam Pendidikan Karakter Islami. Surabaya: Airlangga University Press.
Lestari, Y. (2020). Problematika Pendidikan Agama Islam di Sekolah Negeri. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 15(1), 110-124.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2019). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyadi, D. (2018). Pendidikan Agama Islam dan Pengembangan Karakter. Malang: UIN Press.
Mulyani, S. (2021). Praktik Reflektif Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 19(2), 180-195.
Nugroho, R. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Pendidikan, 14(3), 95-108.
Rahman, T. (2020). Dinamika Pembelajaran Agama Islam di Era Milenial. Yogyakarta: Deepublish.
Rahmatullah, H. (2019). Kurikulum dan Implementasi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Prenada Media.
Saputra, F. (2021). Pembelajaran PAI di Masa Pandemi: Tantangan dan Solusi. Jurnal Pendidikan Islam Digital, 5(2), 60-73.
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kualitatif . Bandung: Alfabeta.
Susanti, I. (2020). Peran Keluarga dalam Internaliasi Nilai Agama pada Anak. Jurnal Psikologi Pendidikan, 17(1), 45-59.
Tilaar, H. A. R. (2007). Kekuasaan dan Pendidikan. Magelang: Tera Indonesia.
Widodo, S. (2021). Inovasi Pembelajaran Agama Islam Berbasis Digital. Jurnal Inovasi Pendidikan Islam, 13(1), 99-112.
Wulandari, E. (2022). Pembelajaran Agama Islam dalam Era Digitalisasi. Jakarta: RajaGrafindo.