Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Kedisiplinan Sholat Wajib Pada Siswa Kelas Xi Di SMKN 1 Kebonsari Kabupaten Madiun Tahun 2021
Keywords:
Pendidikan Agama Islam, Kedisiplinan, Sholat Wajib Berjamaah, Siswa SMKAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan agama Islam dalam membentuk kedisiplinan sholat wajib pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendidikan agama Islam terhadap kedisiplinan sholat wajib pada siswa kelas XI di SMKN 1 Kebonsari Kabupaten Madiun tahun 2021. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan agama Islam berpengaruh signifikan terhadap kedisiplinan sholat siswa melalui pembiasaan, keteladanan guru, serta dukungan program keagamaan sekolah dan keluarga. Namun, kedisiplinan sholat di luar sekolah masih dipengaruhi faktor lingkungan dan media sosial. Inovasi pembelajaran dan kolaborasi antara sekolah dan keluarga menjadi kunci keberhasilan pembentukan karakter religius dan disiplin pada siswa.
References
Aziz, A. (2018). Peranan Hidden Curriculum dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter , 8(1), 56-72.
Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory . Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Fauzan, A. (2019). Pembiasaan Ibadah Sholat di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Tarbiyah Islamiyah , 14(2), 157-170.
Fitria, Y. (2021). Inovasi Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Disiplin Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Islam , 13(2), 93-108.
Hidayat, S. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kedisiplinan Sholat Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan. Islamic Education Journal , 8(3), 33-47.
Maulida, R., & Fitria, Y. (2022). Efektivitas Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Disiplin. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam , 10(1), 72-89.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya.
Muhaimin, A. (2017). Strategi Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Disiplin. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia , 9(2), 210-228.
Nasution, M. (2020). Pendidikan Agama Islam dan Pembinaan Akhlak Remaja. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam , 15(1), 99-110.
Rahmawati, S. (2020). Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Perilaku Religius Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam , 13(1), 89-104.
Rohmah, L., & Fadillah, N. (2021). Pendidikan Agama Islam dan Tantangan Remaja di Era Digital. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini , 4(1), 110-124.
Setiawan, M. (2017). Pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap Perilaku Siswa. Jurnal Pendidikan Islam Nusantara , 7(1), 120-134.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D . Alfabeta.
Syafii, M. (2018). Pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa. Jurnal Pendidikan Islam , 6(2), 125-138.
Syahrin, H. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Disiplin dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia , 10(2), 201-219.
Yunus, N. (2022). Peran Orang Tua dalam Membentuk Kedisiplinan Sholat Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 11(1), 85-98.
Yusuf, M., & Sugandi, R. (2021). Peran Guru PAI dalam Menumbuhkan Disiplin Beribadah Siswa. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam , 21(2), 45-60.