Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Pada Siswa Di SMKN 2 Jiwan Tahun 2021
Keywords:
Pendidikan Agama Islam, akhlak siswa, sekolah kejuruanAbstract
Peran pendidikan Agama Islam sangat penting dalam membina akhlak siswa di era globalisasi yang penuh tantangan moral. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan Agama Islam terhadap pembinaan akhlak siswa di SMKN 2 Jiwan tahun 2021. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Agama Islam memberikan kontribusi signifikan dalam membentuk karakter siswa melalui pembelajaran partisipatif, keteladanan guru, serta kegiatan keagamaan di sekolah. Meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan waktu dan pengaruh lingkungan luar, dukungan keluarga dan pemanfaatan teknologi informasi mampu mengoptimalkan pembinaan akhlak siswa. Sinergi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat sangat diperlukan untuk keberlanjutan pembinaan akhlak.
References
Anwar, M. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital. Jurnal Pendidikan Islam, 21(2), 145-162.
Azra, A. (2017). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Prenadamedia Group.
Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Prentice Hall.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Fauzi, A. (2021). Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(2), 123-140.
Hamid, A. (2019). Tantangan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Kejuruan. Jurnal Tarbawi, 9(1), 44-60.
Hasanah, U. (2018). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlak Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 18(3), 209-222.
Kohlberg, L. (1984). The Psychology of Moral Development: The Nature and Validity of Moral Stages. Harper & Row.
Ma’arif, S. (2017). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 188-204.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Remaja Rosdakarya.
Mulyana, A. (2021). Inovasi Pendidikan Agama Islam di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 33-47.
Nasution, A. (2020). Pendidikan Agama Islam dan Tantangan Globalisasi di Sekolah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 67-80.
Nata, A. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Islam. Jakarta: Rajawali Press.
Rahmat, R. (2019). Model Pembelajaran Kontekstual dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyah, 17(2), 101-117.
Rogers, C. (1983). Freedom to Learn for the 80’s. Merrill.
Rohman, T. (2019). Pengembangan Model Pembinaan Akhlak Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 312-327.
Santosa, R. (2020). Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Digital di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Al-Tarbawi, 11(2), 111-126.
Setiawan, E. (2020). Pengembangan Program Ekstrakurikuler Keagamaan di Sekolah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 55-69.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suryana, D. (2018). Pendidikan Akhlak dan Tantangan Globalisasi. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 122-136.
Syam, N. (2019). Pendidikan Agama Islam dan Pembentukan Karakter Bangsa. Jurnal Edukasi Islami, 5(1), 1-15.
Wibowo, T. (2021). Krisis Moralitas Remaja dan Upaya Pembinaan Akhlak Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 99-115.
Zamroni, S. (2022). Pendidikan Islam di Era Globalisasi: Tantangan dan Peluang. Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 150-164.