Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Membimbing Perilaku Keagamaan Pada Siswa Di MA Darul Falah Pacinan Balerejo Madiun

Authors

  • Khoirunnisa' Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun
  • Rias Margawati Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun
  • Zainul Arifin Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun

Keywords:

Akidah Akhlak, Pembinaan Perilaku Keagamaan, Strategi Guru, Madrasah Aliyah

Abstract

Perubahan sosial dan perkembangan teknologi menuntut guru Akidah Akhlak untuk terus berinovasi dalam membimbing perilaku keagamaan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru Akidah Akhlak dalam membina perilaku keagamaan siswa di MA Darul Falah Pacinan Balerejo Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembiasaan ibadah, keteladanan, pendekatan dialogis, serta pemanfaatan media digital terbukti efektif dalam membentuk perilaku keagamaan siswa. Keberhasilan pembinaan juga didukung oleh sinergi sekolah, keluarga, dan lingkungan religius, meskipun masih ditemukan tantangan dari pengaruh lingkungan digital dan kurangnya dukungan keluarga. Penelitian ini merekomendasikan inovasi dan kolaborasi berkelanjutan.

References

Abdullah, S. (2020). Pendidikan Akhlak di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Islam , 8(2), 123-139.

Abidin, Z. (2019). Tantangan Pendidikan Islam di Era Digital. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam , 7(1), 101-120.

Amalia, R. (2021). Inovasi Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Digital. Jurnal Pendidikan Agama Islam , 11(3), 245-262.

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory . Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Hidayat, M. (2019). Strategi Guru dalam Pembinaan Akhlak Siswa. Jurnal Tarbawi , 14(1), 59-73.

Ismail, M. (2022). Peran Guru Agama dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter , 10(2), 203-218.

Kusuma, H. (2017). Komunikasi Efektif Guru dan Orang Tua dalam Pendidikan Akhlak Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 5(1), 87-99.

Makari, M. (2020). Pendidikan Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Islam , 15(2), 200-215.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Remaja Rosdakarya.

Nurdin, A. (2021). Peran Guru dalam Membimbing Perilaku Keagamaan Siswa. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini , 9(2), 178-191.

Rahman, F. (2021). Dimensi Keagamaan dalam Pembinaan Akhlak Siswa. Jurnal Studi Islam dan Pendidikan , 12(1), 95-112.

Santrock, J. W. (2012). Educational Psychology (5th ed.). New York: McGraw-Hill.

Suryani, D. (2018). Analisis Gap pada Penelitian Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia , 6(1), 123-134.

Wahyuni, S. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pembinaan Akhlak Remaja. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan , 4(2), 110-125.

Zamroni, M. (2018). Holistic Education dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam , 6(3), 221-237.

Published

2022-07-20

Issue

Section

Articles