Pengamalan Ajaran Agama Islam Dalam Upaya Meningkatkan Ketaqwaan Pada Jamaah Pengajian Rutin Malam Sabtu Di Masjid Jami' Aswaja Desa Kiringan Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan Tahun 2021

Authors

  • Mahfud Saiful Ansori Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun
  • Alfiati Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun
  • Ririn Suwatul Mutiah Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun

Keywords:

Pengamalan Ajaran Islam, Ketaqwaan, Pengajian Rutin, Masjid Jami’ Aswaja

Abstract

Pengamalan ajaran agama Islam memiliki peran penting dalam membentuk ketaqwaan dan karakter masyarakat muslim. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengajian rutin malam Sabtu di Masjid Jami’ Aswaja Desa Kiringan dapat meningkatkan ketaqwaan jamaah melalui pengamalan nilai-nilai Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajian rutin secara signifikan mampu meningkatkan pemahaman agama, kedisiplinan beribadah, dan solidaritas sosial jamaah, didukung oleh peran aktif tokoh agama dan inovasi metode pembelajaran. Hambatan yang dihadapi relatif dapat diatasi dengan penguatan partisipasi dan pembinaan berkelanjutan. Penelitian ini menegaskan efektivitas pengajian sebagai media pembinaan ketaqwaan masyarakat.

References

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory . Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3 (2), 77-101. (https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa)

Campbell, H. A., & Vitullo, A. (2016). Assessing changes in the study of religious communities in digital religion studies. Church, Communication and Culture, 1 (1), 73-89.(https://doi.org/10.1080/23753234.2016.1181306)

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Hasanah, U. (2020). Penguatan nilai-nilai keislaman melalui pengajian di tengah arus globalisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14 (2), 145-160.

Hassan, R. (2013). Faithlines: Muslim conceptions of Islam and society. Oxford University Press .

Hidayat, M. (2019). Tantangan pengamalan ajaran agama di era modern: Studi kasus masyarakat pedesaan. Jurnal Ilmu Sosial dan Keagamaan, 11 (1), 87-102.

Ismail, M., & Fauzi, A. (2018). Efektivitas pengajian dalam meningkatkan kualitas ibadah masyarakat. Jurnal Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Islam, 7 (1), 112-130.

Mahmood, S. (2011). Politics of Piety: The Islamic Revival and the Feminist Subject (2nd ed.). Princeton: Princeton University Press.

Makari, S. (2020). Agama dan pembentukan karakter bangsa: Telaah atas peran Islam dalam kehidupan sosial. Jurnal Pendidikan Islam, 21 (1), 34-49.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasr, S. H. (2002). The Heart of Islam: Enduring Values for Humanity . New York: HarperSanFrancisco.

Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Prasetyo, H. (2018). Evaluasi program pengajian sebagai media peningkatan ketaqwaan masyarakat. Jurnal Studi Islam dan Masyarakat, 5 (2), 74-88.

Putnam, R. D. (2000). Bowling Alone: The Collapse and Revival of American Community . New York: Simon & Schuster.

Putri, A. D. (2020). Pengaruh pengajian rutin terhadap literasi keagamaan masyarakat desa. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 15 (1), 91-105.

Rahman, F. (2021). Dinamika pengamalan ajaran Islam di masyarakat modern. Jurnal Sosiologi Agama, 13 (2), 200-217.

Rahmawati, S., & Setiawan, D. (2021). Peran media digital dalam penguatan pembelajaran keagamaan di pengajian. Jurnal Media Dakwah, 10 (1), 43-58.

Schielke, S. (2009). Ambivalence or the fetish of ambiguity? Ambiguous expectations in the Egyptian revolution. Journal of the Royal Anthropological Institute, 15 (1), 45-62.

Syamsuddin, S. (2017). Pengajian sebagai solusi pembinaan sosial masyarakat Islam. Jurnal Komunikasi dan Dakwah, 8 (2), 89-102.

Tilaar, H. A. R. (2019). Internalisasi nilai agama dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 25 (3), 211-225.

Yusuf, M. (2021). Transformasi perilaku keagamaan melalui pengajian. Jurnal Transformasi Sosial, 18 (2), 77-90.

Zubaidah, N. (2020). Strategi pembelajaran partisipatif dalam pengajian rutin. Jurnal Pendidikan Keagamaan, 14 (1), 56-68.

Published

2021-11-01

Issue

Section

Articles