Peranan Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Kepribadian Pada Siswa Di MTSN Kedungjati Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun Tahun 2021

Authors

  • Ro'yun Niswati Ahada Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun
  • Fityan Akbar Rizki Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun
  • Robbi Ardian Sidik Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Kepribadian Siswa, Madrasah Aliyah, Pembiasaan Ibadah, Pendidikan Karakter

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting dalam membentuk kepribadian siswa di lingkungan madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan PAI terhadap pembentukan kepribadian siswa di MTsN Kedungjati Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PAI berkontribusi signifikan dalam menanamkan nilai-nilai religius, kedisiplinan, dan sikap sosial melalui pembiasaan, keteladanan guru, serta dukungan program keagamaan sekolah. Namun, keterlibatan keluarga dan inovasi metode pembelajaran menjadi faktor penting untuk optimalisasi pembentukan kepribadian siswa. Temuan ini menegaskan perlunya sinergi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam membangun kepribadian islami siswa.

References

Al-Ghazali. (2011). Ihya’ Ulumuddin (Terj.). Jakarta: Pustaka Azzam.

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (Edisi ke-4, terj.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional . Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kurniawan, D. A. (2020). Penguatan Karakter Siswa melalui Project Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam , 17(2), 183-197. (https://doi.org/10.14421/jpai.2020.172-07)

Lickona, T. (2012). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility . New York: Bantam Books.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mukhlas, M. (2018). Peranan Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Kepribadian Siswa di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Islam , 9(1), 52-69. (https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPI/article/view/2230)

Nurhayati, L. (2021). Ekosistem Religius Sekolah dan Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter , 11(2), 367-381. (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/38588)

Rahmah, S. (2018). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam , 7(1), 61-72. (https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadrib/article/view/2272)

Rahmat, J. (2011). Psikologi Komunikasi . Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saputra, R., & Supriyadi, S. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Agama dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam , 16(1), 103-119. (https://doi.org/10.14421/jpai.2019.161-08)

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, A. (2018). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Moral Generasi Muda. Jurnal Pendidikan Islam , 10(1), 98-112.

Suyanto, S. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Perilaku Bangsa. Jakarta: PT Elex Media Komputindo .

Tilaar, H. A. R. (2012). Membedah Pendidikan Nasional Antara Kemauan dan Kemampuan . Jakarta: Kompas.

Wibowo, A. (2013). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar .

Zuchdi, D. (2011). Humanisasi Pendidikan: Menumbuhkan Kemanusiaan dan Memanusiakan Manusia dalam Proses Pendidikan . Jakarta: Bumi Aksara.

Zuhdi, M. (2015). Pendidikan Agama dan Pembangunan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Agama Islam , 12(2), 134-150. (https://doi.org/10.14421/jpai.2015.122-03)

Published

2021-11-01

Issue

Section

Articles