PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ PADA SISWA DI MTS. PLUMPUNG KECAMATAN PLAOSAN KABUPATEN MAGETAN TAHUN 2021
Keywords:
Problematika, Pembelajaran, Aqidah Akhlaq, Motivasi, Inovasi, KolaborasiAbstract
Pembelajaran Aqidah Akhlaq di madrasah sering menghadapi berbagai tantangan yang memengaruhi efektivitasnya dalam membentuk karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlaq pada siswa di MTs. Plumpung Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan tahun 2021. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran masih terkendala rendahnya motivasi siswa, keterbatasan inovasi guru, minimnya sarana prasarana, serta kurangnya dukungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Temuan ini menegaskan pentingnya inovasi metode, pelatihan guru, serta kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam meningkatkan mutu pembelajaran Aqidah Akhlaq.
References
Asrori, M. (2013). Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Mulia pada Siswa Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim , 11(2), 183–200. (https://doi.org/10.29313/talim.v11i2.555)
Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III. Jakarta: Kencana.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Sage Publications.
Hidayati, N., & Fauziah, F. (2020). Analisis Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Keterampilan Abad 21 pada Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam , 17(2), 123–135. (https://doi.org/10.21580/jpai.2020.17.2.6046)
Mansur. (2018). Paradigma Baru Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revisi). PT Remaja Rosdakarya.
Mubarok, H. (2017). Peran Keluarga dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter , 7(2), 228–239. (https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.14962)
Muhaimin. (2011). Rekonstruksi Pendidikan Islam: Dari Paradigma Pengembangan, Kompetensi, hingga Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Implementasinya. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Rohman, F. (2020). Problematika Guru dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Jurnal Al-Murabbi , 6(1), 18-30. (https://doi.org/10.15575/al-murabbi.v6i1.8273)
Rohmat, A. (2016). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran di Madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam , 13(1), 98-110.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D . Alfabeta.
Sulistyorini, S. (2022). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam , 17(1), 48-62. (https://doi.org/10.19105/tjpi.v17i1.5917)
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.