Penerapan Metode Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Zainul Arifin Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun
  • Khoirunnisa' Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun
  • Sita Yulistiana Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun

Keywords:

Numbered Heads Together, pembelajaran kooperatif, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode NHT merupakan strategi pembelajaran yang menekankan pada kerja sama kelompok dan tanggung jawab individu dalam memahami materi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode NHT dengan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode NHT mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan, baik dari segi kognitif, afektif, maupun sosial. Siswa menjadi lebih aktif, percaya diri, dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap pembelajaran kelompok. Model ini terbukti efektif dalam mendorong partisipasi aktif dan pemahaman konsep yang lebih mendalam.

References

Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, and Sauda Julia Merliyana. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2022): 974–80.

Lestari, Rita, Ruswandi Hermawan, and Arie Rakhmat Riyadi. “PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD” 6, no. 3 (2021).

“Mengenal Model Kooperatif Numbered Head Together (NHT) Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini | EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran.” Accessed June 11, 2025. https://www.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/89.

Nourhasanah, Febri Yanti, and Aslam Aslam. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022): 5124–29. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3050.

Nurwadani, Pri Ayu, Syarifuddin Syarifuddin, Gunawan Gunawan, and Dusalan Dusalan. “Hubungan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Bima Tahun Pelajaran 2021/2022.” DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial 2, no. 1 (December 11, 2021): 25–38. https://doi.org/10.53299/diksi.v2i1.100.

Pendy, Agnes, and Hilaria Melania Mbagho. “Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Pada Materi Relasi Dan Fungsi.” Jurnal Basicedu 5, no. 1 (February 2021): 165–77. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.542.

Downloads

Published

2021-11-01

Issue

Section

Articles