Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Istima di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Ma’hadul Muta’allimin Katerban
Keywords:
Communicative Language Teaching, Komunikasi, Kualitatif Deskriptif, Audiovisual, Istima’Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan efektivitas Communicative Language Teaching (CLT) dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ma'hadul Muta'allimin Katerban Sekaralas Widodaren Ngawi. Penelitian ini untuk menggambarkan keefektifan pengajaran bahasa Komunikatif (CLT) dalam pengajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ma'hadul Muta'allimin Katerban Sekaralas Widodaren Ngawi. penelitian ini didasarkan pada pemahaman keterampilan komunikasi siswa dalam bahasa Arab sebagai hasil dari pendekatan pengajaran yang terutama bersifat tekstual dan berpusat pada guru, pemahaman keterampilan komunikasi siswa dalam bahasa Arab sebagai hasil pendekatan pengajaran yang terutama bersifat tekstual, ? ? ? Pendekatan CLT mendorong penggunaan bahasa sebagai alat komunikasi melalui bicara , mendengar , dan interaksi antar siswa .Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi .Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan CLT memiliki dampak positif terhadap motivasi belajar siswa , keberanian di kelas. Guru menggunakan teknik seperti dialog berpasangan, simulasi percakapan, permainan bahasa, dan kerja kelompok. Kendala yang ditemui meliputi keterbatasan mufrodat siswa, perbedaan kemampuan antar peserta didik, dan sarana pendukung yang belum optimal. Namun secara umum, pendekatan CLT terbukti efektif meningkatkan kemampuan kombahasai bahasa Arab siswa di MTs Ma'hadul Muta'allimin.
References
Aghni Rizqi Ilyasa, Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran: Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. XVI, No. 1, 2020.
Al Yusra R, Emaida E, Media Audio Visual Dalam Pembelajaran PAI Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 2019.
Amalia, Putri Richa, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Menggunakan Media AudioVisual Guna Meningkatkan Daya Ingat Peserta Didik Di Sekolah, Jurnal Pendidikan Islam Vol. 5 No. 4 Tahun 2020.
Amir, Nursiah, Strategi Pembelajaran Guna Akidah Akhlak Dalam Pembinaan Akhlak Mulia Peserta Didik: Jurnal Al-Ilmi, 3 (1), 2022
Anisa, N. A., Chabibaturrohmah, N. C., Shofura, N. S., & Saputri, N. F. H. S. H. (2021, December). Implementasi Media Audiovisual dalam Pembelajaran Maharah Istima'. In Proceeding AEC (Arabic Education Conference) (Vol. 1, No. 1, pp. 39-49).
Anisa, N. A., Chabibaturrohmah, N. C., Shofura, N. S., & Saputri, N. F. H. S. H. (2021, December). Implementasi Media Audiovisual dalam Pembelajaran Maharah Istima'.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Siswa Pendekatan Praktik (Jakarta: Rineka Cipta, 2020) A.H. Setiawan, Konsep Landasan Teori dan Rancangan Silabus Pembelajaran Maharah Iatima’ di Perguruan Tinggi L-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 7(1), 2018.
Asrori, Imam, Media Pembelajaran Bahasa Arab (Malang: CV Bintang Sejahtera, 2015).
C.E. Setiawan, Konsep Landasan Teori Dan Rancangan SILABUS Pembelajaran Maharah Istima' Di Perguruan Tinggi AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam 7(1) 2018
Dulfikar, Rodafi, Muhammad Hanif, and Richa Amdia Putri, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Menggunakan Media AudioVisual Guna Meningkatkan Daya Ingat Peserta Didik Di Sekolah: Jurnal Pendidikan Islam Volume 5 Nomor 4 Tahun 2020 P-Issn: 208706778x 2020
Ernanida, E., & Al Yusra, R. (2019). Media audio visual dalam pembelajaran PAI. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 101-112.
Fathoni, M. (2018). Pembelajaran Maharah Istima’. Ihtimam: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 199.
Fathoni, M. (2018). Pembelajaran Maharah Istima’. Ihtimam: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 202
Gunarti, T. T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Maharah Istima’Pada Siswa-Siswi Madrasah Ibtidaiyah. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 122-129.
Hayati, Najmi, et al. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Jurnal: Al Hikmah Vol 14 No 2. Pekanbaru.
M. Fathoni, Pembelajaran Maharah Isstima': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 2018
Makruf Imam, Strategi Pembelajaran Aktif, diakses pada 4 November 2025, pukul 20.25. Najmi, Hayati, Hubungan Penggunaan pada Pembelajaran AUDIO Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota, Jurnal: Al Hikmah Volume 14 No. 2, Pekanbaru 2017
Mustofa, Syaiful. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. hal.126-127
MyNiceSpace.com, Makruf Imam, Bahan Ajar: Strategi Pembelajaran Aktif. Diakses pada: 4 September 2025, pukul: 20.25 WIB
Prastomo, Andi, Media Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian, 2004
Rosyid, Fathoni. (2018). Metodologi Penelitian Sosial Teori dan Perspektif, 2018.
Saleh, Sirajjudin, Analisis Data Kualitatif, Makasar, Pustaka Ramadhan Bandung 2017
Setiadi, A. H. (2018). Penerapan Metode Hypnoteaching untuk Mengembangkan Maharoh al
Setyanto, Febriana, Strategi Komunikatif Pemasaran Coffe Broker dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan Prologia, 2019
Setyawan, C. E. (2018). Konsep Landasan Teori Dan Rancangan Silabus Pembelajaran Maharah Istima Di Perguruan Tinggi. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 7(1), 159- 177.
Syariful, Mustofa, Strategi Pembelajaran Sosial (Yogyakarta: CV Adi Karya Mandiri, 2019).
T.T. Gunasti, Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Maharah Istima’ Pada Siswa-siswi Madrasah, 2020
Wina Sanjaya, Perencanaan Jakarta: PT Fajar Interpratama, 2018.



