Maqasid As-Syariah: Konsep dan Aplikasinya dalam kehidupan modern
Keywords:
Maqasid As-Syariah, Kerangka Aplikatif, Hukum Islam Kontemporer, Ijtihad Maqasidi, KemaslahatanAbstract
Latar Belakang: Maqasid As-Syariah sebagai filosofi hukum Islam menghadapi kesenjangan signifikan antara teori filosofis dan aplikasi praktisnya dalam menyelesaikan masalah kontemporer. Kesenjangan ini berisiko membuat hukum Islam menjadi tidak relevan dan kaku di tengah kompleksitas kehidupan modern. Tujuan: Artikel ini bertujuan untuk merumuskan sebuah kerangka aplikatif Maqasid As-Syariah yang sistematis untuk menjembatani kesenjangan teori-praktik, sehingga dapat berfungsi sebagai alat analisis untuk masalah modern.Metode: Kajian ini merupakan penelitian kepustakaan kualitatif dengan pendekatan filosofis-hermeneutis dan analisis tematik. Sumber data primer dan sekunder dianalisis secara kritis untuk mengidentifikasi evolusi konsep dan aplikasinya, yang kemudian disintesis menjadi sebuah kerangka kerja yang koheren. Hasil: Penelitian berhasil menyusun kerangka aplikatif Maqasid yang operasional. Kerangka ini, yang mengadopsi pendekatan sistem, terbukti efektif menganalisis dan memberikan solusi substantif bagi berbagai isu kontemporer, seperti keuangan syariah (fintech, sukuk), bioetika (transplantasi organ, bayi tabung), dan kebijakan publik (penanganan pandemi, lingkungan). Kerangka ini mentransformasikan prinsip universal Maqasid menjadi langkah-langkah analitis yang terstruktur, memastikan solusi yang holistik, kontekstual, dan berorientasi pada keadilan.
References
Al-Ghazali, Abu Hamid. (t.th.). Al-Mustashfa min 'Ilm al-Usul. Kairo: Dar al-Salam.
Al-Jabiri, Muhammad 'Abid. (2000). Fikr al-Akhlaq al-'Arabi: Al-Ma'rifah, al-Qimah, al-Tarikh. Beirut: Markaz Dirasat al-Wihdah al-'Arabiyyah.
Al-Qaradawi, Yusuf. (2013). Fiqh al-Maqasid: In'ikasat al-Maqasid 'ala al-Ahkam wa al-Manahij. Kairo: Maktabah Wahbah.
Al-Shatibi, Ibrahim ibn Musa. (1997). Al-Muwafaqat fi Usul al-Shariah. Beirut: Dar al-Ma'rifah.
Asutay, M. (2012). Conceptualising and Locating the Social Failure of Islamic Finance: Aspirations of Islamic Moral Economy vs. Realities of Islamic Finance. Asian and African Area Studies, 11(2).
Asutay, Mehmet. (2012). "A Political Economy Approach to Islamic Economics: Systemic Understanding for an Alternative Economic System." Kyoto Bulletin of Islamic Area Studies.
Auda, Jasser. (2008). Maqasid al-Shariah as Philosophy of Islamic Law: A Systems Approach. Herndon, VA: The International Institute of Islamic Thought.
Dusuki, Asyraf Wajdi, & Bouheraoua, Said. (2011). "The Framework of Maqasid al-Shari'ah and Its Implication for Islamic Finance." ISRA Research Paper, (No. 22/2011).
Fuadi, A. A., Arifin, M., & Hasyim, M. F. (2023). Manhaj Theological Interprentation: Manhaj Theological Interprentation. Al-Fatih: Jurnal Studi Islam, 11(01), 49-59.
Ibn Ashur, Muhammad al-Tahir. (2006). Treatise on Maqasid al-Shariah. Diterjemahkan oleh Mohamed El-Tahir El-Mesawi. London: The International Institute of Islamic Thought.
Islamic Financial Services Board (IFSB). (2020). Islamic Financial Services Industry Stability Report. Kuala Lumpur: IFSB.
Kamali, Mohammad Hashim. (2008). Shariah Law: An Introduction. Oxford: Oneworld Publications.
Masud, Muhammad Khalid. (2013). Shatibi's Philosophy of Islamic Law. Kuala Lumpur: Islamic Book Trust.
Moosa, Ebrahim. (2015). What Is a Madrasa. Chapel Hill: The University of North Carolina Press.
Ramadan, Tariq. (2009). Radical Reform: Islamic Ethics and Liberation. Oxford: Oxford University Press.



