EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MODEL BLENDED BERBASIS E-LEARNING DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 NGANJUK

Authors

  • Iwan Dwi Setiawan Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri
  • Moh. Irmawan Jauhari Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri

Keywords:

Effectiveness, Blended Learning, Madrasah E-Learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan efektivitas model blended learning berbasis e-learning madrasah terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada pelajaran akidah akhlak. Metode penelitiannya kuasi eksperimen dengan desain The Nonequivalent Control Group Design. Populasi dan sampel yang diambil yaitu dua kelas VIII MTsN 2 Nganjuk sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data menggunakan bantuan software SPSS 20 dalam menguji normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1)Pembelajaran Model Blended Learning berbasis E-learning Madrasah efektif terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada taraf sig 5% yang dilihat dari nilai thitung > ttabel yaitu 38.085 > 2.048. (2)Adanya peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik dengan nilai postest sebesar 22,76% dari rata–rata 65,93 menjadi 88,69.

References

Akhmalia, Noor Laily, Wayan Suana, dan Nengah Maharta, “Efektivitas Blended Learning Berbasis LMS Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Fluida Statis Terhadap Penguasaan Konsep Siswa,” JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah) 2, no. 2 (9 November 2018)

Bayu, Dimas “APJII: Pengguna Internet Indonesia Tembus 210 Juta pada 2022,” Dataindonesia.id, diakses 15 Januari 2023, https://dataindonesia.id/digital/detail/apjii- pengguna-internet-indonesia-tembus-210-juta-pada-2022.

Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, Keputusan Menteri Agama (KMA)-No-184-Tahun-2019-Tentang- Pedoman-Implementasi Kurikulum Pada Madrasah ,".

Hamzah, Faisal dan Abdul Mujib, “Efektivitas Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Schoology Pada Pelajaran Matematika,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 10, no. 1 (2022):

Husamah, Pembelajaran Bauran (Blanded Learning) Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face to Face, E-learning Offline- Online Dan Mobile Learning (Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2014)

Khoiruddin, M. Arif, dan Sutiani, “Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Madrasah Ibtidaiyah.pdf,” Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman Vol. 12, no. 1 (2022).

Kementerian Agama Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Surat Edaran tentang “Pemanfaatan e-learning madrasah,” 3 April 2020.

Kristanto, Vigih Hery, Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah: (KTI) (Yogyakarta: CV Budi Utama, 2018),.

Oktaviani, Indah dan Wedra Aprison, “Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Experiential Learning Era New Normal Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTSN 6 Agam Kab. Agam,” Humantech?: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia Vol. 2, no. 2 (24 Februari 2022):

Peneliti Pendidikan Agama dan Keagamaan, “Panduan Penyelenggaraan Madrasah Digital” (Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta, 2019),.

Rohmawati, Afifatu, “Efektivitas Pembelajaran,” Jurnal Pendidikan Usia Dini, 1, Vol. 9 (2015)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, 26, Bandung: Alfabeta, 2019.

Sutini dkk., “Efektivitas Pembelajaran Daring dengan Menggunakan E-learning Madrasah Terhadap Optimalisasi Pemahaman Matematika Siswa,” JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika) Vol. 5, no. 2 (26 Desember 2020

Wardani, Deklara Nanindya, Anselmus J E Toenlioe, dan Agus Wedi, “Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan Blended Learning,” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Vol. 1, no. 1 (April 2018).

Widyasari, Lidya Angie dan Mohamad Arief Rafsanjani, “Apakah Penerapan Blended Learning Dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh?,” Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 3 (4 Mei 2021) .

Downloads

Published

2024-01-20

Issue

Section

Articles