PENGARUH METODE SAM’IYYAH WA SAFAWIYYAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ISLAM KLURAHAN

Authors

  • mohammad yusuf STAIM KENDAL NGAWI

Keywords:

mufradat, metode sam’iyah syafawiyah

Abstract

Abstrak

Mufradat merupakan tiga dari unsur bahasa yang harus dikuasai oleh peserta didik. Apabila pembel- ajaran terhambat, pemahaman dan penguasaan mufradat akan terpengaruh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan dan pengaruh metode sam’iyah syafawiyah terhadap peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas II MI Nurul Islam Klurahan. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah eksperimen semu one group pretest-posttest design dengan mengambil sampel kelas II. Hasil penelitian ini adalah sintaksis dalam proses pembelajaran menggunakan metode sam’iyah syafawiyah dengan fokus pengedrillan mufradat secara intensif baik lisan maupun tulis. Sintaksis tersebut meliputi men- dengarkan (????????? ????), repetitif atau pengulangan (??????????? ????), eksplanasi (??????????? ????), menggunakan pola kalimat (?????????? ????), generalisasi/kesimpulan (??????????? ????), membaca (???? ???????????), serta menulis (????????? ????). Selain itu, hasil t hitung 7,219 melalui uji paired sample t test lebih besar dari t tabel yakni 1,708. Nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05. Rata-rata nilai posttest peserta didik lebih tinggi dari rata-rata hasil nilai pretest. Membuktikan bahwa adanya pengaruh peningkatan penguasaan mufradat setelah metode sam’iyah syafawiyah diterapkan.

Kata kunci: mufradat; bahasa Arab; metode pembelajaran; metode sam’iyah syafawiyah

Downloads

Published

2024-03-18

Issue

Section

Articles