IMPLEMENTASI METODE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS AL HIDAYAH KARANGGUPITO

Authors

  • sodiq bahroyni STAI Ma'arif Kendal Ngawi

Keywords:

Bahasa Arab, Metode Jigsaw

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran metode jigsaw dalam pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs al hidayah Karanggupito, dan juga untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan metode jigsaw dalam pembelajaran Bahasa Arab. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatf, pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data tentang tingah laku siswa MTs al hidayah Karanggupito. Sedangkan wawancara dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel sarana dan prasarana pendidikan dan data sekolah. Hasil penelitian bahwa dengan penerapan metode jigsaw ini dapat mempercepat pemahaman siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs al hidayah Karanggupito hal ini telah penulis buktikan dengan nilai siswa dari sebelum mengunakan metode jigsaw dan setelahnya. Dengan menerapkan metode jigsaw sisawa akan cenderung lebih aktif berdiskusi, bersosialisasi dengan baik, dan lebih bertanggung jawab, tetapi juga terdapat kelamahan dalam metode jigsaw seperti murid yang pandai cenderung mengatur jalanya diskusi dan murid yang malas berfikir cenderung bosan.

Kata kunci: Metode Jigsaw, Bahasa Arab

 

Downloads

Published

2024-03-18

Issue

Section

Articles